Duka Jogja dan Duka-duka Lain

Kembali air mata menetesi negri ini. Setelah duka Aceh, duka Nias, kini duka Jogja. Sejak Sabtu (27/05) lalu perhatian media massa, terutama elektronik, terpusat ke musibah gempa bumi 5,9 SR ini.

Hari demi hari yang kita dengar adalah tangis mereka yang kehilangan sanak saudara. Tangis mereka yang sudah tak punya harta benda kerap menghiasi layar kaca. Belum lagi angka korban jiwa yang kian hari kian merangkak naik. Ditambah lagi nominal rupiah dan dollar yang semakin menumpuk dari hari ke hari. Bencana yang menguras air mata ini menjelma menjadi sineteron tentang tragedi kisah nyata yang lebih dramatis ketimbang ‘Hidayah’ atau ‘Rahasia Illahi’ dan sejenisnya.

Beberapa hari belakangan, headline surat kabar memuat seputar tragedi gempa bumi dengan 5000-an korban jiwa (kabar terakhir-red). Bahkan tayangan-tayangan infotainment turut memberitakan tragedi ini. Ternyata duka Jogja ini mampu menutupi ‘duka Mayangsari’, ‘duka korban Orba’, ‘duka Palestina’, ‘duka Iran’, serta duka-duka lainnya.

Bukannya tidak empati. Di balik sepotong doa dan lembaran-lembaran rupiah di kotak sumbangan, aku mengumpat dalam hati. Mengumpat pada para pembuat mitos. Mengapa mereka tak pernah bosan menciptakan realita semu?

Sejak zaman raja-raja Jawa mitos sengaja diciptakan untuk melanggengkan kekuasaan mereka. Karena belum ada koran, TV, dan radio, para pendongeng dan penyair sengaja menyebarkan mitos-mitos kepada rakyat agar mereka makin tunduk pada penguasa, sampai-sampai takut ketulah/kwalat kalau menentang raja. Hingga kini mitos masih saja diciptakan secara jauh lebih canggih. Dan media massa lah penyebar mitos itu.

Semoga saja duka Jogja tidak menutup mata kita pada duka-duka lainnya. Karena masih banyak PR yang masih tersimpan di laci yang menanti uluran perhatian kita.

Buat saudara-saudaraku di Jogja dan Jateng, semoga 4JJI mengangkat derajat kalian dan melimpahi rahmat-Nya yang tak terhingga… Amin.

Advertisements
Leave a comment

1 Comment

  1. pengen ke yogya lagi, hks…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: