BETINA

Rating: ★★
Category: Movies
Genre: Independent

Film garapan Lola Amaria ini berbau surealis–meskipun Lola sendiri menganggap filmnya ini realis. Film dengan setting tempat dan waktu antah berantah ini mencoba menampilkan sisi irrasional ‘cinta’ dalam tingkatannya yang paling rendah, yaitu nafsu atau birahi.

Film yang dibintangi Kinaryosih sebagai ‘Betina’ ini menceritakan kisah cintanya yang tak sampai pada penjaga makam yang tampan. Kematian orang lain menjadi sesuatu yang dinantikannya, karena sang penjaga makam hanya muncul apabila ada kematian.

Ketika menonton film ini, ada kesan bahwa lakon-lakon dalam film ini semuanya ‘sakit’. Menurutku juga begitu. Betina sendiri merupakan gadis aneh. Dia hanya bersahabat dengan seekor sapi bernama Dewa. Tidak heran, karena Betina dibesarkan dengan orang-orang yang aneh juga, mulai dari ibu, kakak, hingga lingkungan tempat hidupnya di peternakan sapi.

Dari judulnya, bisa ditebak adegan-adegan yang mungkin muncul dalam film ini. Beberapa adegan yang mempertontonkan ‘nafsu kebinatangan’ mewarnai film garapan sutradara yang mengaku masih belajar ini.

Untuk akting para aktor dan aktris film ini patut diacungi jempol. Mereka all out dalam memerankan orang-orang yang ‘sakit’.

Film ini sendiri dirilis 16 Agt lalu di Goethe Institute Jakarta melalui konferensi pers. Rencananya, film ini akan road show di kampus-kampus di beberapa kota di Indonesia dengan harga tiket lumayan terjangkau Rp 7500. Kampus yang akan disambangi Film Betina ini diantaranya, UI, ITB, UNPAD, UNISBA, dll.

Next Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: