TRUST NO ONE

TRUST NO ONE

Gak ada yang bisa dipercaya! Manusia hanyalah manusia, punya salah dan dosa. Mungkin kata-katanya semanis madu, tetapi hatinya siapa yang tahu?

Namun bukan berarti aku tidak membutuhkan seorang pun di atas dunia ini. Tetaplah aku manusia yang butuh petunjuk, butuh pertolongan. Manusia-manusia itu hanyalah washilah dari-Nya. Well, tentunya 4JJI memberikan petunjuk jalan melalui manusia-manusia itu. Perkara omongannya benar atau salah, hanya 4JJI yang tahu.

God spot (pinjam istilah ESQ) merupakan sesuatu yang dibawa manusia sejak lahir hingga mati. Inilah yang dinamakan hati nurani. Itulah sebabnya, sejahat apapun manusia, dalam hati kecilnya ia pasti punya rasa bersalah. Tak salah sabda Rasulullah SAW dalam hadits riwayat Hasan; “Mintalah fatwa dari hatimu, kebaikan adalah apa yang jiwa dan hati tenang karenanya, dan dosa adalah apa yang terasa mengganggu jiwa dan menimbulkan keragu-raguan dalam dada, meskipun orang-orang memberi fatwa kepadamu dan menegaskannya.”

Well, I trust no one but 4JJI

Bogor, 27 Nov ’06

Advertisements
Previous Post
Next Post
Leave a comment

6 Comments

  1. Iya tuh Mbak, tentang God Spot, Nurani atau apa deh namanya, penting sekali. Selama ini God Spot itulah yang membantu aku mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup. Alhamdulillah, karena memang sudah ridho Allah, so far lancar-lancar aja.

    Reply
  2. Bisa ga God Spot ini ditularkan kepada lebih banyak pribadi…shg kita bersama-sama bisa merintis untuk menjadi baik bersama-sama?

    Reply
  3. thehadidharma said: Iya tuh Mbak, tentang God Spot, Nurani atau apa deh namanya, penting sekali. Selama ini God Spot itulah yang membantu aku mengambil keputusan-keputusan penting dalam hidup. Alhamdulillah, karena memang sudah ridho Allah, so far lancar-lancar aja.

    yup… itulah pentingnya shalat istikharah, kita selalu mohon petunjuk-Nya

    Reply
  4. chairulanwardama said: Bisa ga God Spot ini ditularkan kepada lebih banyak pribadi…shg kita bersama-sama bisa merintis untuk menjadi baik bersama-sama?

    hmmm…. mungkin lebih tepatnya bukan ditularkan ya, tapi ‘disadarkan’. Mudah-mudahan kesadaran kembali pada 4JJI (baca: kembali pada hati nurani) menjadikan kita baik bersama-sama ya… wallahu’alam bishawab

    Reply
  5. Pandangan mata selalu menipu.Pandangan akal selalu tersalah.Pandangan nafsu selalu meluluh.Pandangan hati itu yang hakiki,kalau hati itu bersihHati kalau terlalu bersih pandangannnya’kan menembus hijabHati jika sudah bersih firasatnya tepatkehendak AllahTapi hati bila dikotori,bisikannya bukan lagi kebenaranHati tempat jatuhnya pandangan AllahJasad lahir tumpuan manusiaUtamakanlah pandangan AllahDaripada pandangan manusiaHIJJAZ

    Reply
  6. sip…klop nih mbak :)))

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: