In My Time of Dying (Supernatural TV series)

Rating: ★★★★★
Category: Movies
Genre: Mystery & Suspense

In My Time of Dying adalah episode 23 serial TV Supernatural yang merupakan bagian pertama Season 2. Episode ini adalah sekuel episode sebelumnya “Devil’s Trap” yang merupakan bagian akhir Season 1. He… he… mungkin agak membingungkan buat yang tidak mengikuti serial thriller ini.

Setelah berkali-kali lolos dari perangkap setan yang membunuh ibu mereka, Dean, Sam Winchester, serta ayah mereka, John Winchester, akhirnya bisa melarikan diri. Dengan mengendarai Chevy Impala 1967 warna hitam, mereka menyelamatkan diri mereka yang terluka parah ke RS. Tiba-tiba dalam perjalanan, sebuah truk besar menghajar mereka sehingga mobil yang mereka kendarai ringsek.

Dari ketiganya, Dean terluka paling parah. Ia kehilangan banyak darah. Batok kepalanya retak, terdapat pembengkakan otak, ginjal dan hatinya mengalami kerusakan. Dalam keadaan koma, ruh Dean bertemu dengan malaikat maut yang siap mencabut nyawanya. Namun Dean belum siap. Ia merasa tugas menjaga adiknya, Sam, belum usai. Ia kemudian mencoba melakukan tawar-menawar dengan malaikat maut.

Di saat Dean sekarat, sang ayah, John Winchester, masih mengkhawatirkan keberadaan ‘The Colt’, pistol sakti yang bisa membunuh segala macam makhluk supernatural. Hal ini membuat anak bungsunya, Sam Winchester, marah besar.

“Your son is dying and you still worry about the colt?” pekik Sam yang selalu tidak akur dengan ayahnya.

Ternyata John punya rencana sendiri. Ia merasa sangat bertanggung jawab atas Dean yang sekarat. Tanpa sepengetahuan Sam, John diam-diam memanggil setan jahat yang telah membuhuh istrinya dan hampir membunuh Sam saat masih bayi.

Pertemuan John dengan sang setan kali ini bukan untuk memusnahkannya, tapi melakukan transaksi/pertukaran. John hendak menukar ‘The Colt’ dengan nyawa Dean, dengan taruhan nyawa John sendiri. Tapi John minta satu syarat; sebelum mati, John ingin memastikan Dean selamat.

Setelah sepakat, Dean yang hampir mati tiba-tiba sadar dan sembuh total. Dokter pun heran dengan keajaiban ini. Sang adik, Sam, tentu saja gembira sekali dengan kesembuhan Dean.

Kemudian sang ayah, John, masuk ke kamar Dean. Seperti biasa, Sam dan John kembali berdebat. Dan seperti biasa pula, Dean yang menenangkan mereka. “Can we not argueing?” ujar John kemudian. Lalu ia meminta Sam membelikan kopi untuknya.

Inilah detik-detik perpisahan mendebarkan antara John dan Dean. Seperti yang sudah-sudah, John minta agar Dean selalu menjaga Sam. Kemudian ia membisikkan sesuatu di telinga Dean yang membuat Dean tampak setengah terkejut. Setelah itu John meninggalkan kamar Dean.

Drama kematian John berlangsung slow motion, dimulai dari kopi yang jatuh dari tangan Sam saat ia melihat ayahnya tergeletak di lantai. Kemudian tim dokter berusaha keras memacu jantungnya berkali-kali. Sam dan Dean hanya bisa menatap tak percaya ayah mereka yang tidak berdaya sampai akhirnya dokter mengatakan, “Waktu kematian: 10.40….”.

Meskipun sudah tahu jalan cerita episode ini sebelumnya, sebagai penggemar Supernatural, aku ikut-ikutan tidak percaya seperti halnya kakak beradik Winchester (cieeeh..). Lebih gemesnya lagi, ternyata serial ini berakhir di episode ini (Trans7 gimana seeeh?!!). Padahal setahuku masih banyak episode Supernatural yang belum ditayangkan.

Anyway, hal yang membuatku sangat terharu adalah kasih sayang tak terkira orang tua pada anaknya hingga rela mengorbankan nyawanya sendiri. Dan yang tak kalah mengharukan adalah pertengkaran yang kerap terjadi antara Sam dan ayahnya.

Meskipun sering bertengkar, bukan berarti Sam membenci ayahnya, begitu pula sebaliknya. Mereka sebenarnya sangat menyayangi. Itulah kenapa aku jadi tercenung; seringkali orang yang kita ‘sakiti’ adalah orang yang paling kita cintai, orang yang paling dekat dengan kita… Ironis memang, tapi itulah kenyataannya.

Hix..hix.. jadi ingat (alm.) ayah dan ibuku. Semoga aku bisa selalu membahagiakan mereka… amin.

PS. I wont let my parents sacrifice themselves to demon like what John has done…;p
Coz Allah is the best rescuer!

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

11 Comments

  1. Time or deathnya bukannya 10.41 ya? :p

    Masa berhenti di episode itu? kan baru mulai season 2

    Reply
  2. Oh, 10:41 ya? Thx ralatnya 🙂
    Iya neh, padahal baru mulai season 2. Barangkali Trans7 udah kadung janji sm pihak serial 'Radio' yang mulai tayang ntar malem…

    Btw, di sini ada yg jual dvd Supernatural season 1&2 gk ya?

    Reply
  3. Supernatural yang nakajabnya banyak keliatan season 1. Nggak tau juga ,yang season 2nya, harusnya sudah ada karena di Amrik masuk ke season 3 …

    Reply
  4. Langganan Astro dong, biar selalu dapat episode terbaru 😉

    Reply
  5. RALAT: Aduh maaf… ternyata saya salah informasi. Supernatural masih setia di Trans7 setiap 20:30. 'Radio' ternyata film lepas yang diputar tadi malam sebelum serial ini (18:30).
    Hehe… maklum waktu liat iklan 'Radio' pas lagi gk pake kacamata :”)

    Reply
  6. Hmm… thx 4 d info! Bang roel fans supernatural jg ya 😀 ?

    Reply
  7. Weleh… promosi nih mas 😀 ?

    Reply
  8. Mba salam kenal ya, sebagai sesama fans Supenatural.Hehe…

    Reply
  9. salam kenal juga mbak nurul… welcome to the club hehehe 🙂

    Reply
  10. Suka sama Supernatural juga ya… hehehe
    Aku suka banget. Gak sabar nih nungguin episede barunya….. lama banget..

    Reply
  11. yeah…. really like it!! And unfortunately I've watched 10 episodes of season 3 gyhahahaha… ;D

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: