Far From The Madding Crowd

Rating: ★★★★★
Category: Books
Genre: Romance
Author: Thomas Hardy

Buat yang suka cerita romantis dan petualangan, buku klasik karya sastrawan Inggris Thomas Hardy ini layak disimak!

Pertama kali baca buku ini (Penguin English version. red) pas kelas 1 SMA. Aku langsung jatuh cinta. Setelah itu baca berkali-kali gak pernah bosen. Pelajaran yang bisa dipetik dari buku ini antara lain tentang cinta yang tulus tanpa harap imbalan juga kesabaran dan kesetiaan yang berbuah manis. Yang pasti, nih novel seru dan romantis bangeeed…

Buku ini bercerita tentang petualangan seorang pemuda petani miskin bernama Gabriel Oak yang jatuh cinta pada seorang gadis cantik jelita bernama Bathsheba Everdene. Meskipun cintanya berkali-kali ditolak oleh Bathseba, Gabriel tidak pernah berhenti mencintai gadis pujaannya dengan tulus. Bathseba bahkan sempat menertawakan ‘kenekatan’ Gabriel yang berani melamarnya padahal kala itu mereka baru bertemu.

Pada suatu kesempatan Bathseba yang kaya raya mempekerjakan Gabriel di ladang gandum dan peternakannya. Sebagai pemuda yang rajin, gesit, dan jujur, Gabriel menjadi karyawan kepercayaan Bathseba. Dan akhirnya mereka berteman baik, hanya sebagai teman meskipun Gabriel amat mencintainya.

Suatu ketika Bathseba jatuh cinta pada seorang pemuda perlente yang pandai merayu. Padahal pemuda tersebut hanya menginginkan kekayaan Bathseba dan Gabriel mengetahui hal ini. Berkali-kali Gabriel mengingatkan Bathseba, namun Bathseba yang sudah terlanjur mabuk kepayang tidak peduli pada nasihat Gabriel. Ia menganggap Gabriel hanya cemburu.

Akhirnya Bathseba menikah dengan pemuda perlente itu. Dan benar saja, setelah menikah, suami Bathseba menghambur-hamburkan kekayaannya untuk hura-hura. Kejadian demi kejadian membukakan mata Bathseba bahwa peringatan Gabriel itu benar. Sampai akhirnya ia bercerai dari suaminya yang ternyata sudah beristri itu.

Bathseba menikah lagi dengan laki-laki lain. Dan Gabriel tetap setia pada cintanya. Bahkan karena kesigapan dan kejujurannya dalam bekerja, Gabriel dipercaya sebagai manajer ladang pertanian dan peternakan milik Bathseba.

Namun kejadian demi kejadian membuat kehidupan materi Bathseba semakin terpuruk. Rumah, ladang, dan peternakannya terbakar habis karena sebuah peristiwa naas. Bahkan suaminya pergi membawa lari harta Bathseba yang tersisa. Bathseba sudah tidak punya apa-apa lagi. Hanya satu yang tersisa, yaitu Gabriel Oak sahabatnya yang tetap mencintainya.

Bathseba menyadari, selama ini hanya Gabriel yang setia menemaninya di kala senang maupun susah. Akhirnya Bathseba berkata, “Gabriel, would you marry me?”

Dan Gabriel menjawab tanpa ragu, “Of course Bathseba.”

Finally, Gabriel wins Bathseba’s heart… Ooooh… *blink blink*

Advertisements
Next Post
Leave a comment

4 Comments

  1. mba… dapet bukunya dari mana nih?? mau dunk *blink blink*

    Reply
  2. romantis juga ^_^
    Agak mendayu-dayu ya :p

    Reply
  3. dulu aku pinjem di british council library yang sekarang sudah 'reinkarnasi' ke perpus diknas di senayan *blink blink jugak*

    Reply
  4. so romantic…! tapi gk mendayu-dayu kayak pilem2 india gitu seh…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: