AKHIRNYA AKU PUNYA PASPOR!!

Alhamdulillah… Akhirnya setelah sedikit berjuang dan meluangkan waktu pada jam dan hari kerja, akhirnya gue punya paspor!

Pastinya orang bertanya-tanya, “Emang mau kemana, Jat?”

Well, kalau ditanya mau kemana sih, ya maunya kemana-mana hehehe… But one for sure is, it is part of my struggle to STUDY ABROAD. Setidaknya kalau sudah punya paspor, kan kalau isi formulir pendaftaran sekolah/beasiswa gue bisa dengan mudah isi kolom “nomor paspor”. Atau kalau disuruh melampirkan foto copy paspor, gue udah punya kan.

Selain itu, kalau seandainya mendadak gue ditugasin kantor untuk keluar negeri, gue udah siap. Jadi, bikinnya juga gak terburu-buru, alih-alih menggunakan jasa calo yang memakan biaya berkali-kali lipat…..

FYI, normalnya bikin paspor itu paling lama 7 hari kerja, kecuali pake ‘surat sakti’ seperti surat keterangan dari lembaga pers (kalo kita wartawan) atau ketebelece dari ‘orang penting’. Biaya pembuatan pasor juga relatif tidak mahal kok. Buat yang pingin bikin paspor, inilah rinciannya (berdasarkan pengalaman saya mengurus paspor di kantor keimigrasian Jakarta Timur. Red):

1. Formulir permohonan pembuatan paspor         Rp    5.000

2. Paspor 48 hlm (paspor umum)                       Rp 200.000

3. Foto                                                            Rp   55.000

4. Sidik jari                                                      Rp   15.000

TOTAL                                                            Rp 275.000

Syarat-syaratnya juga mudah kok.  

Langkah 1
Isi formulir permohonan dengan lengkap, kemudian melampirkan foto kopi KTP, KK, akte kelahiran, ijazah terakhir. Serahkan formulir kepada petugas di loket. Nanti Anda akan diberikan tanda terima dan keterangan tanggal untuk wawancara, foto, dan pengambilan sidik jari.

Langkah 2
Kembali ke loket tempat Anda menyerahkan berkas permohonan. Lalu Anda difoto, diambil sidik jari tangan, dan diwawancara. Saat diwawancara, Anda akan diminta untuk menunjukkan dokumen asli (KTP, KK, akte lahir, ijazah). Jadi, saat wawancara jangan lupa bawa dokumen asli. Setelah itu membayar di kasir. Simpan struk pembayaran baik-baik. Karena struk itu akan digunakan sebagai bukti untuk pengambilan paspor. Biasanya paspor siap dalam 4 hari kerja.

Langkah 3
Mengambil paspor di loket pengambilan paspor. Tidak perlu bayar lagi! Oh ya, jangan lupa minta sampul paspor supaya paspor Anda tidak kotor. Beres deh !

Advertisements
Leave a comment

17 Comments

  1. Kalo isi biodata di buku agenda jg bisa. Biasanya ada isian ttg no paspor..

    Reply
  2. wah, semoga stugglenya berhasil deh. semangat ya! 🙂

    Reply
  3. sedia payung sebelum hujan… semoga aja beneran kehujanan… kekekeee…

    Reply
  4. hehehe
    tul tuh, siap2 kali aja ntar nikah sama orang yg domisilinya di luar 😀

    Reply
  5. kalo aku dibikinin kantor tahun 2006, tapi sampe sekarang belum dipake :C

    Reply
  6. Akhirnya….hehehe Jalan2 yuk…:D

    Reply
  7. hihihi iya….

    Reply
  8. amin…! thanks ibek, smg aku bisa menyusulmu ke Jerman hehehe… ;p

    Reply
  9. semoga! asal gak banjir ajah kekekekek…

    Reply
  10. tul! hehehe….

    Reply
  11. dipake buat jalan2 dong! hehehe

    Reply
  12. yuk! eh, serius loh? tuh barbel di tangan ikut juga dong wekekekkek.. 😀

    Reply
  13. atau dapet suami dari luar negeri …
    he..he..

    Reply
  14. eh tul tuhh,,, gw doain deh jatt.. utk smuanyahh =)

    Reply
  15. amin ya rabbal'alamin… makasih doanya =))

    Reply
  16. Thnx atas infonya..
    kebetulan besok saya mau ke Imigrasi nih..

    salam kenal.

    Reply
  17. sama-sama… senang bisa membantu 🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: