Hans Christian Andersen: My Life As a Fairytale

Rating: ★★★★★
Category: Movies
Genre: Drama

Mencintai berarti membebaskan. Karena cinta sejati seorang Jetta Collins, nama Hans Christian Andersen melegenda karena karya-karyanya.

Dibesarkan oleh keluarga miskin dengan ayah seorang veteran yang suka berfantasi, Hans tumbuh sebagai remaja yang kaya akan imajinasi. Di umur 15 tahun, Hans menjadi yatim piatu karena kepergian ayahnya yang memang sudah tua dan sakit-sakitan.

Hans yang sebatang kara kemudian pergi ke Copenhagen berkat ramalah seorang Gypsy yang meramalkan ia akan menjadi tenar di sana. Keberuntungan memang berpihak pada Hans saat tak sengaja bertemu dengan Jetta Collins, gadis cacat dari keluarga kaya yang baik hati di Copenhagen. Hans lalu diangkat sebagai anak oleh keluarga tersebut. Ia disekolahkan secara layak, hingga akhirnya ia bisa menuliskan fantasi-fantasinya menjadi cerita.

Jetta-lah yang selalu memotivasinya untuk menulis dan rutin mengiriminya surat. Kumpulan ceritanya kemudian dibukukan dan diterbitkan, bahkan diterjemahkan ke berbagai bahasa. Ratu dan raja Denmark bahkan sangat menyukai cerita-ceritanya, sehingga Hans sering diundang sebagai story-teller di kerajaan.

Lalu bagaimana nasib Jetta? Hans sangat menyayanginya. Namun rasa sayangnya pada Jetta tak lebih sebagai rasa sayang seorang kakak kepada adik. Hans tidak pernah menyadari cinta terpendam Jetta, apalagi Hans tengah tergila-gila pada penyanyi tenar pada masa itu, Jenny Lind. Suara merdu Jenny Lind menginspirasi Hans untuk menulis cerita “The Nightingale”. Karena itu pula, Jenny pada masa itu dijuluki “Jenny The Nightingale”.

Nasib baik memang tidak berpihak pada Jetta. Namun cintanya yang tulus kepada Hans-lah yang membuat Hans bebas berekspresi dan pergi mengelilingi Eropa sehingga mendapatkan banyak inspirasi untuk cerita-ceritanya. Jetta adalah ‘martir’ dalam kehidupan Hans Christian Andersen. Karena cintanya yang bertepuk sebelah tangan, ia memutuskan pergi ke New York, Amerika. Naas menimpa kapal dari Austria ke Amerika. Ia meninggal dalam kebakaran kapal yang akhirnya tenggelam tersebut.

Tokoh Hans Christian Andersen diperankan secara apik oleh aktor Kieran Bew. Peran Jetta Collins dan Jenny Lind juga sangat memikat. Pokoknya, film ini highly recommended untuk ditonton segala usia. Dan yang terpenting buatku, film ini bersih 😉 *muak dengan film yang ada adegan2 ‘gak jelas’*

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: