Hemat Waktu dan Uang Belanja Lewat Dapur

KOMPAS.comSekarang semua serba mahal, tapi kegiatan di dapur harus jalan terus. Apa yang bisa dilakukan agar masak-memasak bisa tetap menyenangkan sementara dompet tak cepat terkuras?

1. Buat Rencana Sebelum Memasak
Setiap malam, sebelum tidur, cobalah membuat rencana menu buat esok hari. Susunlah daftar belanjaan sesuai dengan kebutuhan menu tadi. Merencanakan apa yang akan kita beli, masak, dan makan bisa membuat kita merasa lebih sehat, bisa menghemat uang lebih banyak dan mengurangi yang tak termakan (karena kebanyakan).

2. Jangan Lari Dari Daftar
Kedengarannya gampang, tetapi pada kenyataannya kita sering sekali tergoda membeli berbagai macam bahan masakan dan barang-barang lain yang tak dibutuhkan dan tak ada di daftar. Cara terbaik untuk berhemat: susun menu selama seminggu dan taatilah daftar belanjaan. Dijamin, dompet tak akan cepat kering.

3. Makan yang sedang musim
Buah dan sayur yang sedang musim, biasanya dijual dengan harga murah. Nah, manfaatkan ini. Beli dan nikmati segera. Jangan cari buah atau sayur yang jarang dan sulit ditemukan. Biasanya, harga pasti lebih mahal. Sayang, kan, uangnya.

4. Tak Sempurna? Tak Apa!
Di pasar atau supermarket, sering kita temukan sayur atau buah yang kurang mulus. Biasanya produk seperti ini dijual dengan harga yang lebih murah. Beli saja. Rasanya sama, kok. Soal rupa, tak pentinglah. Bukankah nanti dipotong dan dimasak juga?

5. Pilih-Pilih Daging

Saat pilih daging, tak usah mengambil yang paling mahal. Ambil yang biasa saja (sepanjang bukan daging rusak). Kalau ingin cepat empuk, masak dengan api kecil dari stainless ke dalam kuahnya untuk dimasak bersama. Dijamin akan lebih empuk dalam waktu lebih cepat juga.

6. Bekukan Saja

Manfaatkan freezer (bagian yang bisa membuat makanan beku) di kulkas Anda.
Dengan perencanaan yang baik, kita bisa menghemat banyak, karena tak harus belanja setiap hari! Agar semua makanan yang dibekukan bisa dimanfaatkan pada waktunya, beri label/tanggal pembelian dan tanggal kedaluwarsanya.

7. Beralih ke Sayur

Kalau selama ini daging sering jadi pilihan, segera beralih pada sayur. Jadikan sayur sebagai sajian utama. Tambahkan tempe, tahu, oncom, atau telur sebagai pelengkap. Ada uang lebih, beli ikan atau ayam. Daging? Bisa dilupakan untuk waktu yang lama. Tanpa daging, kita bisa tetap sehat, kok. Percayalah, Bu!

8. Awas Promosi!
Di supermarket sering ada promo: Beli 1 dapat 2. Kalau memang tidak perlu banyak, tidak usah beli 2. Cukup ambil satu saja. Daripada berlebih dan terbuang, lebih baik beli secukupnya saja. Dijamin lebih hemat.(Reda Gaudiamo)

Sumber : Majalah Sekar

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: