BATUK

Sedikit mengenang perjalanan haji 1427 H lalu bersama ibunda tercinta….

Kata orang, pada saat haji ‘kejelekan-kejelekan’ kita di tanah air akan ditampakkan oleh Allah di tanah suci. Pun ketika kita ujub (sombong) atau melakukan kekhilafan lain, akan dibalas instan di tanah suci. Benarkah demikian?

Pengalaman menggelikan terjadi ketika kami (saya, ibu, dan beberapa jamaah perempuan) terserang batuk. Doh!! Seumur-umur gak pernah batuk parah kayak waktu di Mekkah. Saking seringnya batuk, perut sampai ‘six-pack’ . Bisa dibilang, tidak ada yang tidak batuk di Mekkah. Jutaan manusia dari penjuru dunia menderita batuk. Bahkan sang imam Masjidil Haram pun batuk-batuk–ini terjadi saat ia memimpin sholat jamaah.

Derita inilah yang membuat kami rajin mengunjungi dokter kloter. Ternyata, rutinitas ini diamati oleh seorang jamaah satu kloter kami, sampai-sampai iya berkomentar, “Wah, ibu-ibu ini rajin banget ke dokter.”

Diakui memang si bapak yang berkomentar itu kondisinya paling sehat pada saat itu. Alhasil bapak itu sering sendirian saja untuk bertawaf dan sholat di Masjidil Haram. Yeah, mungkin karena teman-teman satu rombongannya pada tumbang.

Namun apa yang terjadi, saudara-saudara? Beberapa hari setelah komentarnya pada kami, si bapak itu jatuh sakit, jauh lebih parah ketimbang sekedar batuk. Badannya demam, pusing, sakit tenggorokan, lemas, dsb. Alhasil justru beliaulah yang sendirian saja mendekam di kamar penginapan karena tak mampu ikut bertawaf dan sholat di Masjidil Haram.

Mendengar si bapak itu sakit, spontan kami menjenguknya. Kondisinya memang terlihat parah. Ia tak pernah lepas dari sleeping bag-nya. Iba juga aku melihatnya. Padahal usia bapak itu masih tergolong muda, sekitar 40 tahun. Namun pengakuannya kemudian membuatku beristighfar.

“Maaf ya, ibu-ibu,” ujar bapak itu.

Kami hanya melongo mendengarnya, karena merasa ia tak pernah membuat salah.

“Maaf ya, tempo hari saya sempat membatin, ‘Manja benar ibu-ibu ini. Baru batuk sedikit saja bolak-balik ke dokter’,” ujarnya penuh sesal.

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: