Istiqomah Pada Resolusi

Di minggu-minggu pertama awal tahun 2010 ini banyak sekali saya temukan bahasan dengan kata kunci serupa, yaitu “resolusi”. Yup, entah itu artikel di majalah, koran, internet, blog, status di jejaring sosial, ceramah ustadz, sampai di buku harian saya sendiri .

Enggak heran, karena awal tahun adalah ‘musimnya’ orang-orang membuat rencana atau rancangan hidupannya dalam satu tahun ke depan. Semboyannya, “tahun baru, semangat baru”. Karena itu, pergantian dan awal tahun seolah membawa harapan tersendiri bagi setiap orang, sehingga masing-masing menggantungkan berbagai harapan dalam rentang waktu 365 hari (satu tahun) ini.

Apakah salah? Tentu tidak, sama sekali tidak! Bukankah dalam Al Qur’an surah Al Hasyr ayat 18 Allah SWT memperingatkan kita untuk merencanakan hari esok?

“… dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok…” (Al Hasyr : 18).

Hanya saja, buat saya, yang tersulit adalah tetap fokus dan istiqomah (konsisten) pada resolusi yang telah kita tetapkan sendiri. Fokus? Tentu saja. Gak usah jauh-jauh lah, coba sedikit menengok ke belakang. Apakah resolusi kita–kita? elo kali?!–tahun lalu sudah benar-benar tercapai? Jika sudah, alhamdulillah. Tentu formulasi pencapaiannya bisa kita terapkan lagi di tahun ini. Jika belum, tentu harus dievaluasi.

Bisa jadi kegagalan resolusi kita tahun lalu lantaran kita tidak fokus dalam menjalankannya. Misalnya, target/resolusi lulus tahun ini tapi ternyata di tengah jalan dapat tawaran pekerjaan yang menggiurkan. Kalau kita tidak fokus dengan target/resolusi kita, tentu tawaran yang belum tentu datang dua kali itu akan kita terima sehingga fokus kita pada skripsi/tesis/disertasi untuk lulus menjadi buyar. Dalam hal ini saya sepakat dengan Pak Mario Teguh, bahwa orang yang berhasil adalah orang yang memfokuskan diri pada kebaikan-kebaikan yang mendukung pencapaiannya untuk sukses (kurang lebih redaksionalnya seperti itu).

Mirip dengan fokus, dalam mewujudkan resolusi, kita juga harus istiqomah alias konsisten dalam menjalankannya. Di awal tahun lazimnya memang semangat kita meluap-luap. Yakin se-yakin-yakinnya bahwa kita akan menjalankan semua resolusi kita, dan pada akhirnya resolusi tersebut akan terwujud. Namun, apakah semangat dan keyakinan serupa akan terus konsisten pada tengah tahun hingga akhir tahun?

Saya mengakui, menjaga semangat dan keyakinan butuh perjuangan juga, sama halnya dengan upaya mewujudkan resolusi itu sendiri. Saya jadi teringat resolusi saya di tahun 2006, saya akan bekerja dan tinggal di Jakarta. Kebetulan waktu itu saya masih bekerja sebagai reporter Radio MQ FM Bandung. Banyak yang menyayangkan tekad saya untuk resign, termasuk para petinggi MQ FM. Bahkan salah satu dari mereka menawarkan saya seorang ikhwan untuk ta’aruf. Wow! Sebuah tawaran yang menguji ‘keimanan’, apalagi menikah juga menjadi resolusi saya di tahun itu. Dilematis memang… tapi bukankah Allah pun selalu menguji azzam (tekad) hamba-Nya? Maka, saat itu saya istiqomah pada tekad untuk pulang ke Jakarta, untuk menemani ibu saya yang tinggal seorang diri di rumah.

Back to the topic… So, menurut saya, fokus dan istiqomah pada resolusi merupakan hal yang harus dijaga. Bahkan keyakinan akan kesuksesan kita pun harus dijaga. Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda, “Allah tidak akan mengabulkan doa dari hati yang lengah dan ragu”. Karena itu, kita harus yakin bahwa Allah akan mengabulkan resolusi kita, jika kita yakin pada-Nya.

Yang terakhir dan terpenting… tentu saja resolusi yang kita buat semata-mata kita niatkan karena Allah. Mungkin tanpa kita sadari resolusi yang kita buat bersifat duniawi semata. Untuk itu, dalam menetapkan sebuah resolusi perlu ada motivasi (niat) yang mendasarinya. Semoga rencana-rencana itu semata-mata karena Allah SWT. Wallahua’lam bishawab.

NB. Buat yang masih belum punya resolusi, atau sudah punya resolusi tapi bingung memformulakannya, silakan klik di sini. Semoga bisa membantu  

Leave a comment

2 Comments

  1. insya Allah ya mbak, semoga kita semua bisa istiqomah, amin 🙂

    Reply
  2. amin ya robbal'alamin… insyaallah no

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: