Haji Backpacker

Rating: ★★
Category: Books
Genre: Travel
Author: Aguk Irawan

Haji Backpacker Haji Backpacker by Aguk Irawan

My rating: 2 of 5 stars
Kayaknya judul yang lebih tepat untuk buku ini adalah “Haji Nekat” (hehehe.. jadi kayak “Nekat Traveler” a.k.a. “Naked Traveler”), soalnya memoar perjalanan Haji Aguk Irawan ini benar-benar nekat! Persis seperti sub judul buku ini, “Memoar Mahasiswa Kere Naik Haji”. Membacanya saja membuatku capek (hehe lebay^^), apalagi ikutan merasakan petualangannya yang super nekat.

Apa yang dialami Haji Aguk ini seolah membalik 180 derajat logika kita tentang rukun Islam kelima yang identik dengan ‘harta melimpah’ untuk bisa melaksanakannya. Namun ternyata lewat buku ini, penulis telah membuktikan bahwa syarat “istito’ah” (mampu) untuk berhaji tidak berarti mampu secara materi, tetapi juga mampu secara fisik. Dengan hanya bermodal niat (plus nekat) tanpa uang cukup, Haji Aguk yang saat itu masih mahasiswa Al Azhar Kairo akhirnya mampu berhaji… Meskipun banyak juga gak enaknya. Lantaran gak punya uang untuk sewa penginapan, penulis terpaksa tidur di emperan Hotel Hilton atau kamar mandi Masjidil Haram. Tapi kalo lagi mujur, bisa numpang tidur di penginapan jamaah haji Indonesia, itu pun harus kucing-kucingan dengan satpam hotel yang sangar.

Lantaran duit mepet ini pula, konsentrasi ibadah di tanah suci otomatis terpecah, karena haji nekat ini harus memanfaatkan berbagai kesempatan untuk meraup riyal dengan halal. Alhasil, berbagai profesi dilakoninya, mulai dari mengantar katering jamaah haji, pemandu ziarah, tukang dorong kursi roda, sampai tukang pijat.

Mungkin pengalaman Aguk Irawan ini sudah tak asing bagi para mahasiswa Indonesia di Timur Tengah. Tetapi buku ini menjadi sebuah dokumentasi perjuangan sekaligus kenekatan para anak negeri yang telah membuktikan hukum “The power of ‘kepepet'” ^_^

View all my reviews >>


Advertisements
Leave a comment

2 Comments

  1. kok cuma 2 bintang kenapa? padahal dari reviewnya kayaknya menarik.

    Reply
  2. bukan 2, tapi 2,5 bintang hehehe… ^_^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: