Biskuit Goreng Mbakje


Description:
Setelah Roti Goreng ala Mbakje, sekarang giliran biskuit goreng ala mbakje :)) Intinya sih cara bikinnya sama aja. Bedanya, yang ini pake biskuit, bukan roti.

Ide ini muncul waktu melihat Jacob’s crackers yang sudah sekian lama teronggok di toples hampir melempem, karena gak ada yang doyan hehehe… Akhirnya disulap deh jadi hidangan lezat yang dalam 15 menit habis tak bersisa ;p

Ingredients:
Bahan Pembungkus:
– 8 buah biskuit crackers merk apa aja yang penting rasanya tawar atau asin

Bahan pelapis
– 1 butir telur kocok lepas
– Tepung roti secukupnya

Bahan Isi:
– 1 potong ayam goreng disuir-suir halus
– 1/2 batang wortel dipotong dadu kecil-kecil
– 1 siung bawang putih dicincang halus
– 1/4 siung bawang bombay dicincang halus
– lada secukupnya
– garam secukupnya
– 1 sdm susu UHT cair/susu kental manis secukupnya
– air sedikit saja
– 1 sdm mentega untuk menumis

Bahan lainnya:
– minyak untuk menggoreng
– saus sambal
– mayonese

Directions:
Isi:
1. Cairkan mentega di atas wajan dengan api sedang
2. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum
3. Masukkan potongan wortel, aduk-aduk
4. Tambahkan susu, aduk-aduk
5. Tambahkan air agar wortel lebih cepat matang, aduk-aduk
6. Masukkan ayam yang sudah disuir-suir, aduk-aduk
7. Tambahkan lada dan garam secukupnya
8. Setelah bahan isi sudah cukup matang, biarkan agar dingin.

Pembungkus dan Pelapis:
1. Sambil menunggu bahan isi dingin, siapkan biskuit crackers, tepung roti, dan telur yang telah dikocok lepas.
2. Ambil biskuit crackers 2 buah
3. Isi diantara 2 crackers dengan 1 sendok makan bahan isi
4. Gulingkan biskuit crackers secara merata pada telur yang sudah dikocok. Pastikan seluruh permukaan biskuit terlapisi oleh telur.
5. Lalu gulingkan biskuit secara merata pada tepung roti. Pastikan juga seluruh permukaan biskuit terlapisi tepung roti.
6. Ulangi proses ini pada biskuit berikutnya.
7. Panaskan minyak
8. Goreng biskuit yang telah siap sebentar saja sampai warnanya kecokelatan
9. Tiriskan biskuit
10. Sajikan biskuit goreng ini bersama mayonese dan saus sambal… Nyam!

*Picture, food & garnish by mbakje ;p

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

4 Comments

  1. hmmm… kelihatannya gampang buatnya… jadi pengen nyoba di rumah..tapi adanya biskuit abon.. kira2 enak gak mba?? 🙂

    Reply
  2. iya, gampang pit. Kalo biskuitnya rasa abon ntar jadinya terlalu gurih dan asin. Lebih baik yang plain atau rasanya standar aja

    Reply
  3. waaah, nanti aku coba ah buat cemilan anakku(dan aku tentu saja) haha!

    Reply
  4. selamat mencoba 😉

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: