Selangkah Lebih Maju

“Mumpung belon merit, dari sekarang belajar tentang kehamilan. Mumpung belon punya anak, dari sekarang belajar tentang pengasuhan dan kesehatan bayi. Jangan kayak gue, ntar nyesel lho udahannya,” ujar seorang temanku yang aktif di milis sehat sejak anaknya sakit dan hampir mengalamai malpraktek.

Memang saat ini aku belum punya anak, tapi alhamdulillah setidaknya teori-teori tentang ASI, pengasuhan dan kesehatan bayi sudah aku pelajari–meski tidak menutup diri mesti harus belajar lagi, karena ilmu pengetahuan selalu berkembang.

Jadi ingat, dulu waktu masih kuliah dan belom merit, buku-buku tentang pernikahan dan rumah tangga sudah kulahap habis. Begitu juga buku-buku tentang perkembangan dan psikologi anak. Tidak hanya membaca, tapi juga menularkan kepada keluarga, terutama ibuku. Meskipun saat itu aku belum berencana menikah.

Delapan tahun lalu, ibuku mengernyitkan dahi saat aku cerita soal ta’aruf tanpa pacaran. Gak cuma mengernyit, beliau bahkan menolak mentah-mentah wacana itu. “Dimana-mana, kalo mau menikah itu ya harus pengenalan mendalam dulu. Harus pacaran!” ujarnya.

Tapi alhamdulillah melalui da’wah fardhiyah dan kuasa-Nya, akhirnya ibuku menerima konsep ta’aruf tanpa pacaran. Hingga saat Allah mempertemukan jodohku, alhamdulillah semuanya berjalan mulus. Bahkan jarak antara khitbah dan walimah tidaklah lama.

Setelah menikah–meskipun belum hamil–buku-buku dan pengetahuan seputar kehamilan kukunyah habis. Alhamdulillah juga aku mendapat kesempatan menggarap ilustrasi buku tentang ASI. Jadi, sambil belajar, sambil dapat ‘sambilan’ hehehe… Satu kali kayuh, 2 pulau terlampaui .

Pada tiap kesempatan, baik saat makan bersama atau sedang leyeh-leyeh, aku selalu mengajak diskusi anggota keluarga soal natural vaginal birth, IMD, ASI eksklusif, pengasuhan melekat, dll. Maklum, aku adalah produk sufor sejak lahir. Dan aku berusaha menyamakan visiku dengan anggota keluarga yang lain demi keberhasilan ASIX dan insyaallah ASI sampai 2 tahun, seperti yang diperintahkan dalam Al Qur’an.

Well, the more I learn, the less I know…. Semua teori yang ‘menurutku’ sudah aku kuasai tentu masih ada kurangnya. Aku rasa, semuanya mustahil berjalan lancar tanpa pertolongan-Nya, karena ilmu itu milik Allah. Bahkan Sabda Nabi, “Ilmu itu mendului iman”. Artinya, mustahil seseorang dikatakan beriman jika ia tidak berilmu.

Anyway, All I can do is learn learn and learn… Setidaknya menjadi ‘selangkah lebih maju’. Mohon ridho-Mu, Ya Rabb…

Leave a comment

8 Comments

  1. jgn lupa ga usah imunisasi..please search in the website or books..jgn kyk saya nyeseeeel

    Reply
  2. emangnya kenapa dengan imunisasi mbak?

    Reply
  3. yup, aku jg pernah posting soal imunisasi di sini http://mbakje.multiply.com/journal/item/215/Bahaya_ImunisasiKarena di negeri pembuat vaksnin sendiri vaksinasi masih pro kontra. Yang aku tahu, imunisasi alami yang diajarkan Rasulullah adalah mentahnik dengan buah kurma dan memberikan ASI hingga 2 tahun. Btw teh Viny udah ikutan milis halal-baik-enak?

    Reply
  4. mbakje said: yup, aku jg pernah posting soal imunisasi di sini http://mbakje.multiply.com/journal/item/215/Bahaya_ImunisasiKarena di negeri pembuat vaksnin sendiri vaksinasi masih pro kontra. Yang aku tahu, imunisasi alami yang diajarkan Rasulullah adalah mentahnik dengan buah kurma dan memberikan ASI hingga 2 tahun. Btw teh Viny udah ikutan milis halal-baik-enak?

    jarang buka email.may know the milis is? setelah surfing sana-sini ternyata bahayanya lebih besar dari manfaatnya.cuma kita aneh ya kalau ga imunisasi? anakku karena aku ga tau aku kasih imunisasi walpun ga lengkap.imunisasi standar. tapi dia lebih cnederung sakit2an.tiap bulan bisa sakit.

    Reply
  5. ummunaisha said: may know the milis is?

    milis untuk mereka yang selalu berusaha mengonsumsi yang halal dan thoyib ikutan teh

    Reply
  6. mbakje said: milis untuk mereka yang selalu berusaha mengonsumsi yang halal dan thoyib ikutan teh

    the address please 🙂

    Reply
  7. ummunaisha said: the address please 🙂

    hoho iya lupa :p ini alamatnya “Halal-Baik-Enak@yahoogroups.com”

    Reply

Leave a Reply

