Bayi Sungsang Lebih Aman Lahir Alami

PARA peneliti di Universitas Tel Aviv menyatakan bahwa dalam beberapa kondisi, persalinan alamiah melalui vagina bagi bayi sungsang dinilai lebih aman tak hanya untuk bayi, tapi juga bagi sang ibu.

Khusus bagi bayi sungsang yakni bayi yang lahir dengan posisi pantat atau kaki yang keluar pertama kali, biasanya dokter akan segera melakukan operasi caesar. Namun, Prof Marek Glezerman dan koleganya memercayai bahwa melahirkan bayi sungsang dengan cara tradisional lebih aman bagi ibu dan bayi.

Pada caesar, prosedur operasi pembedahan, C-section, tak hanya berisiko bagi perempuan karena tak akan menyebabkan risiko tidak dapat menyusui, tapi juga menimbulkan risiko pada kehamilan yang berikutnya.

Bila seorang perempuan telah menjalani operasi kelahiran C-section, biasanya ia berpeluang kecil untuk dapat melahirkan secara alami pada kehamilan berikutnya karena dinding dan otot rahim berisiko pecah.

Glezerman mengatakan kelahiran dengan operasi memang dinilai lebih aman dan mudah bagi bayi sungsang jika dibandingkan dengan persalinan alami. Meski begitu, nyatanya semakin hari semakin banyak perempuan yang menginginkan persalinan secara alami.

“Pengetahuan orang mengenai kelahiran secara alami semakin berkurang saja dan para dokter senior pun makin kurang dalam menyosialisasikannya. Maka itu, ke depan, kita semestinya mesti mempelajari kembali apa yang telah dilupakan,” katanya. (Pri/OL-06)

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: