Islam: A Short History

Rating: ★★★★★
Category: Books
Genre: History
Author: Karen Armstrong

Islam: A Short History (Modern Library Chronicles)Islam: A Short History by Karen Armstrong

My rating: 4 of 5 stars

Sebenarnya ini buku udah nangkring lama di rak, secara dulu belinya pas pameran buku and diskon gede-gedean. Tapi baru aja dibaca bener-bener. Ternyata ini buku bagus banget; ringkas, padat, dan jelas. Ditulis oleh seorang Islamolog yang mantan biarawati. Karen Armstrong memaparkan sejarah Islam dengan cukup obyektik dan terstruktur rapi. Bahasa yang mudah dicerna dan mengalir membuat pembaca sangat menikmati perjalanan agama yang dibawa Muhammad ini hingga akhirnya mendunia.

Selain pemaparan yang naratif, Karen juga memaparkan sejarah Islam secara kronologis berdasarkan tahun kejadian secara ringkas. Buku setebal 200-an halaman ini juga disertai peta wilayah kekuasaan Islam dari masa ke masa.

Karena buku ini tidak ditulis oleh seorang Muslim, namun sangat menguasai tentang Islam, buku ini terkesan ‘obyektif’. Karen memotret sejarah Islam dari ‘luar’, atau bisa dibilang secara ‘bird’s eye view’. Karenanya, Karen tidak menghakimi siapa pun. Karen memandang konteks sejarah Islam secara luas. Bahkan menurutnya, ketika Muhammad terpaksa membunuh ratusan orang Yahudi yang berkhianat pada ummat (sebelum Perang Khaybar), itu bukanlah sebuah genocide. Pada konteks sejarah saat itu, langkah tersebut merupakan langkah tepat yang diambil Muhammad untuk mencegah kekerasan yang lebih kejam lagi oleh Yahudi. Bahkan Karen menilai, masyarakat Arab pada saat itu sangat primitif, dimana perang hanya bisa dijawab oleh perang, karena mereka belum mengenal kata ‘damai’.

Penulisan sejarah yang cukup obyektif ini juga terlihat dari cara Karen menulis tentang fitnah pada masa Rasyidun yang menyebabkan terbunuhnya 2 khalifah, yaitu Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Di sini, Karen tidak hendak menyalahkan kaum Syiah maupun kaum Sunni. Ia hanya memaparkan alasan-alasan logis mengapa para pendukung Ali memberontak dan mengapa pendukung Muawiyyah dab Bani Umayyah tidak puas dengan kepemimpinan Ali.

Dalam buku ini, Karen berkali-kali menuliskan bahwa Islam adalah agama damai, seperti asal kata “Islam” (damai). Dan ajaran perdamaian ini dibuktikan oleh Muhammad di penghujung dakwahnya ketika ia bersama 10.000 umat Islam berhasil menaklukan Kota Mekah tanpa pertumpahan darah.

View all my reviews











Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: