Clodi Story (Part 1)

Berawal dari pengguna clodi–sebenarnya anakku siy yang pake hehehe–akhirnya aku jadi penjual clodi lantaran banyak yang butuh tapi gak tahu beli di mana hehehe… Dan karena ternyata buanyakk banget yang gak tahu ttg clodi dan buanyakkk bgt pertanyaan ttg clodi ini, maka aku menulis postingan ini

Clodi Alias Pampers Cuci Ulang

Clodi (cloth diapers) sering juga disebut popok kain modern atau pampers cuci ulang. Kenapa begitu? Karena clodi memang popok kain, tetapi bukan popok kain biasa yang kalo diompoli bayi, celana, baju, sampai sprei juga harus dicuci karena kena ompol.

Fungsi clodi mirip dengan pempers atau popok sekali pakai (pospak), yaitu menahan pipis bayi agar tidak tembus/bocor kemana-mana, namun kulit bayi tetap kering. Bedanya dengan pospak, clodi bisa dicuci ulang, sehingga lebih ekonomis ketimbang pospak. Selain itu, clodi tidak mengandung bahan kimia layaknya gel dalam pospak, sehingga lebih aman dan sehat untuk bayi.

Clodi Mahal?

Taruhlah harga sebuah clodi + insert rata-rata Rp 70ribu. Sekilas mahal ya? Apalagi seorang bayi membutuhkan 1 lusin clodi untuk berganti-ganti. Jadi butuh dana Rp 840 ribu untuk kebutuhan clodi seorang bayi. Mahal ya? TIDAK! Karena Rp 840 ribu itu untuk pemakaian dari bayi baru lahir sampai umur 2 tahun lho.

Bandingkan dengan biaya pospak selama 2 th (asumsi harga PosPak @2000, sehari butuh 4 PosPak), maka; 4 x 365 hari x 2 x Rp 2000 = 5.840.000. Jadi, Rp 5,8 juta dari bayi baru lahir sampai 2 tahun. Jauh banget kan bedanya!!

Lebih Praktis

Selain aspek ekonomis, clodi juga ternyata lebih praktis. Alasan utama saya dulu kenapa membelikan clodi untuk anak saya adalah karena kasihan sama suami yang bertugas mencuci popok (waktu itu masih pake popok kain biasa. Red) plus aneka bahan yang ikutan kena ompol, e.g. celana, baju, sprei, dan baju ibunya.

Nah, sejak pake clodi, cucian jadi lebih sedikit, karena clodi tahan bocor dari pipis dan pup bayi, jadi hemat tenaga, hemat air, dan juga hemat sabun cuci.

bersambung…

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: