‘Kasih Duduk Ibu Itu Dong’

Beberapa kali saya suka curhat di sini dan di sini betapa ABG sekarang kurang empati dan gak peduli sama orang sekitar. Misalnya, cuek bebek sama ibu hamil yg gk dpt duduk di bus, sementara dia duduk nyaman.

Saya sendiri pernah naik busway sambil gendong anak dan gak dapet duduk. Padahal di hadapan saya cowok2 ABG duduk nyaman sambil pasang earphone. Melihat tidak ada gelagat satu pun ABG2 tsb yg akan memberi duduk, maka saya tegur satu dari mereka, “Maaf mas, bisa gantian duduk gak?”

Menyadari teguran saya, cowok itu spontan memberi duduk. Alhamdulillah, meskipun cuek bebek, ternyata mereka masih punya nurani.

Kejadian serupa terjadi pagi ini. Ketika berdiri di Kopaja, seorang ibu menggendong bayi naik di tengah jalan. Karena tempat duduk penuh, tentu saja si ibu terpaksa berdiri. Padahal di depan ibu itu duduk 2 ABG cewek berseragam SMA yg masih sehat. Langsung saja saya colek satu dari mereka, “Mbak, kasih duduk dong tuh”.

Barulah cewek itu mempersilakan sang ibu duduk, seraya mendapat ucapan terima kasih dari ibu yang menggondong bayi itu.

“Nah gitu, pinter,” ujarku sambil menepuk bahunya.

Moral of the story: Kayaknya jaman sekarang kudu asertif. Udah gak jaman lagi minta dimengerti tapi diem ajah. Budaya konteks tinggi (high context culture) sepertinya sudah bergeser di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta. Padahal dulu jaman kuliah KLB (Komunikasi Lintas Budaya. Red), dikatakan bahwa Asia termasuk menganut ‘high context culture’.

Keputusan saya untuk menegur para ABG itu pun bukan ingin dimengerti atau dikasihani, tapi semata-mata andil kecil saya mendidik tunas-tunas bangsa itu agar memiliki empati dan kepedulian terhadap sekitarnya… semoga.

Advertisements
Leave a comment

8 Comments

  1. barusan aku baca milis krlmania mbak.. di situ lagi dibahas gerbong khusus wanita… yang ternyata penggunanya banyak wanita egoisss….
    cuek bebek liat ibu2 hamil sampe gak ngasih tempat duduk, pura2 hamil supaya dikasih duduk, dll pokoe malah jadi ganas2…
    akhirnya malah banyak ibu2 hamil yang pilih gerbong campur, karena kalo bapak2 lebih gampang kasih tempat duduk…

    ihhh miris ya mbak.. padahal sesama wanita… entar kalo dia hamil baru deh ngerasain gimana beratnya…… ckckck

    Reply
  2. emberrrr…. makanya pesenku buat ibu2 hamil, jangan naik KRL deh kalo lagi penuh

    Reply
  3. yup, mereka lebih empati daripada ABG *sigh*

    Reply
  4. Emang musti ditegur halus, sayangnya saya selalu menegur dengan muka mau nyilet orang..jd yg ditegur tuh keburu sewot..biarin deh yg penting berdiri.. Eh kdng2 yg ditegur itu ibu2 dan bapak2 loh (transjakarta ragunan) paraaaahhhh

    Reply
  5. oyah?? *belum pernah naik koridor ragunan*

    Reply
  6. masya Allah…jadi ingat hadits Rasul bahwa isi neraka kebanyakan wanita…. !

    Reply
  7. nauzubillahiminzalik… semoga kita tidak termasuk ke dalamnya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: