Hikmah Nabi Idris

Gara-gara Mbak Ully nanya soal pengajian, aku jadi pengen sharing isi pengajian karyawan Bimantara Hari Kamis kemarin.

Penceramah kemarin Ust. Fikri Thoriq Alkatiri. Beliau ini lulusan Madinah dan spesialis mengupas kisah-kisah para nabi dan rasul. Kajian yang dibawakan oleh beliau di pengajian kantor ini biasanya bersambung. Maklum waktu 75 menit tiap pertemuan memang kurang untuk mengupas kisah dan hikmah kehidupan seorang rasul. Bahasan Nabi Adam saja sampai memakan waktu 4 kali pertemuan.

Namun untuk bahasan Nabi Idris cukup 1 kali pertemuan, karena kisah Nabi Idris hanya muncul dalam 2 ayat dalam Al Qur’an. Selain itu, hadits yang meriwayatkan tentang rasul Allah yang kedua ini juga tidak terlalu banyak.

Nabi Idris AS adalah cucu keenam dari Nabi Adam AS. Nabi Idris sempat hidup sejaman dengan Nabi Adam selama 350 tahun. Nabi Idris adalah cucu ke-5 Nabi Syth–anak langsung dari Nabi Adam AS. Nabi Idris adalah penemu tulisan dan pakaian berjahit. Sebelumnya, manusia mengenakan pakaian dari kulit binatang dan tidak mengenal tulisan.

Bagi sebagian orang–termasuk aku–kisah Nabi Idris selalu dikaitkan dengan kisah terompahnya yang ketinggalan di surga. Namun menurut Ust. Fikri Thoriq, sebagian besar ulama membantah kisah ini alias tidak benar.

Sebuah ayat dalam Al Quran menyebutkan bahwa Allah mengangkat Nabi Idris AS ke tempat yang lebih tinggi–aku lupa ayat berapa. Nah, penafsiran dari ayat ini, menurut Ust Fikri Thoriq, Allah mengangkat derajat Nabi Idris AS karena keimanan dan amal baiknya. Saking cinta-Nya Allah kepada Nabi Idris AS, Allah melimpahkan semua pahala orang beriman yang hidup sejaman dengannya kepada Nabi Idris tanpa mengurangi pahala orang-orang tersebut. Subhanallah.

Dikisahkan pula, saat Nabi Muhammad SAW mi’raj, beliau bertemu dengan Nabi Idris AS di langit keempat. Nah loh? Gimana ceritanya tuh? Kenapa gak ketemu di langit ke-7??

Nah, menurut Ust Fikri Thoriq, Nabi Idris ini bersahabat dengan seorang malaikat. Namun tidak ditemukan satupun riwayat yang menyebutkan malaikat apa dan siapa, pokoknya malaikat dah.

Nah, suatu ketika, Nabi Idris AS bertanya pada malaikat sahabatnya. “Wahai malaikat, aku ingin tahu kapan ajalku datang?”

Demi menyenangkan hati sahabatnya, maka malaikat ini mengajak Nabi Idris terbang mencari malaikat Izrail (malaikat pencabut nyawa). Ketika memasuki langit ke-4, sang malaikat melihat ada malaikat Izrail disana. Maka bertanyalah malaikat sahabat Nabi Idris tersebut, “Wahai Izrail, temanku Idris ingin tahu, kapan ajalnya datang?”

“Lha, Idris-nya mana?” tanya malaikat Izrail.

“Dia ada di belakangku,” ujar malaikat sahabat Nabi Idris sambil menoleh pada sayapnya yang lebar.

Lalu curhatlah Malaikat Izrail, “Barusan aku mendapat perintah dari Allah SWT untuk mencabut nyawa seorang hamba-Nya di langit ke-4.”

Moral of the story: terkadang bukan kematian yang menjemput kita, tetapi kitalah yang mendatangi kematian itu… Dan kita tidak pernah menyangka kapan dan dimana. Masyaallah….

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

6 Comments

  1. ingat lagu anak2 ttg nabi : Adam..Idris…Nuh…Hud…Sholeh…. Bagus juga kalau bikin jurnal kisah2 nabi di MP. Btw, berarti nbai Idris setelah kunjungannya ke langit ke 4 tsb, beliau tdk pernah balik ke dunia lagi ya

    Reply
  2. makasih udah dijurnalin ya, Jati.. 🙂
    haduh nyesel deh gak ikut pengajian kemarin..

    Reply
  3. Sebutan malaikat Izrail, tidaklah shahih, yang benar Malakul Maut

    Wallahu a'lam

    Reply
  4. iya ya, boleh juga tuh idenya dok. insyaallah sebulan sekali deh saya buat jurnal bersambungnya 🙂
    iya, setelah kunjungan ke langit keempat, Nabi Idris AS itdak pernah kembali lagi ke dunia

    Reply
  5. sama-sama mbak ully 🙂
    Kamis depan deh dateng hehehe

    Reply
  6. Oh ya? wah, sya kurang paham soal shahih tidaknya… wallahua'lam

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: