Kosa Kata Baru Kai (19m)

Anakku, Kai (19 bulan), lagi bawel-bawelnya. Kecuali sedang tidur, mulut kecilnya pasti mengeluarkan suara. Yang diucapkannya pun sangat beragam, mulai dari kata atau kalimat yang biasa didengarnya, sampai meniru geraman atau suara orang batuk. Tapi Kai bukanlah tipe anak yang dominan. Ketika ada orang lain yang mendominasi keadaan (atau percakapan), maka ia akan diam menyimak.

Saat libur Lebaran kemarin, seorang kawan lama main ke rumah bersama suami dan anaknya yang masih 3,5 tahun.

“Waah, Kai sudah besar! Mana nih celotehannya?” ujar temanku itu, “Kalau di telepon Kai bawel ya. Suaranya kedengeran. Kok ini diem aja?” lanjutnya.

Singkat cerita, anak temanku yang masih 3,5 tahun dan sedang aktif-aktifnya itu ‘menjajah’ mainan Kai. Alhasil, mainan Kai yang tadinya tertata rapi jadi berantakan di ruang tengah. “Aduuuuh, berantakan!” jerit temanku itu. Sebuah ekspresi wajar seorang ibu atas perilaku anaknya yang membuat berantakan rumah orang.

“Ayo Hafid, diberesin lagi mainannya! Tuh, kan jadi berantakan!” ujar temanku setengah panik. Namun Hafidh bergeming. Ia malah mengajak Kai main bersama 🙂 Kai sebagai empunya mainan pun diam saja menyimak keadaan. Aku maklum. Kai selalu bersikap pasif terhadap orang yang baru dikenalnya.

Singkat cerita lagi, Kai tidak mengeluarkan suara sampai temanku itu pamit pulang. Ketika rumah kami sudah sepi, aku pun membereskan cangkir dan cawan bekas minum tamu. Mainan Kai yang masih berantakan belum sempat kubereskan. Dan Kai pun mengeluarkan kosa kata baru sambil menunjuk mainannya, “ADUUUH, BERANTAKAN!” 😀

Diposting juga di sini https://mbakje.wordpress.com/2012/08/28/kosa-kata-baru-kai/

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: