Piknik Murmer

Tanggal tua begini, kalau mau rekreasi mungkin harus pikir-pikir… secara pundi-pundi gaji mulai menipis.

Meskipun menurut perencana keuangan Ligwina Hananto, harus ada pos/bujet khusus untuk hiburan atau rekreasi, tetapi kadang kita tidak patuh pada bujet yang kita buat.. Dan itu terjadi pada saya 😛

Saat mood sedang galau (halah…) di tanggal tua begini butuh rekreasi murmer alias murah meriah yang bikin happy tapi gak bikin kantong seret. Maka pada Ahad lalu, terpilihlah danau UI sebagai tempat tujuan wisata.

Kenapa danau UI? Pertama, karena masuknya gratis. Selain itu, aksesnya mudah. Cukup berjalan kaki sekitar 200 meter dari stasiun Pondok Cina, Depok. Pemandangannya juga cukup indah. Udaranya sejuk karena banyak pohon rindang, serta semilir angin danau yang sukses bikin suamiku tidur nyenyak hehe..

Meskipun hamparan rumput di sekeliling danau tidak terlalu luas, karena sekarang banyak dibangun bangunan di pinggir danau UI, namun cukup lega untuk keluarga kecil kami.

image

Kai (20 bulan) senang sekali melihat rumput dan daun-daun kering. Kaki-kaki kecilnya tak berhenti melangkah. Senyumnya melebar saat daun kering yang diinjaknya berbunyi “kress” 🙂 . Air danau yang berkilau memantulkan sinar matahari pun membuatnya takjub.

Dengan berbekal makan siang yang dibawa dari rumah, kami pun menikmati piknik murmer di tepi danau sambil duduk dan tiduran beralaskan koran bekas. Tentu saja kami menyiapkan kantong kresek untuk tempat sampah agar tak mengotori lingkungan.

Rekreasi hari itu ditutup dengan ditandai kumandang azan ashar yang membuana dari masjid UI yang juga terletak di tepi danau. Kai yang lagi senang-senangnya menirukan azan langsung terdiam menyimak azan. Begitu azan selesai-seperti kebiasaannya di rumah-Kai langsung berteriak, “Bapak sholat!”. Namun kali ini Kai berteriak sambil berlari kecil di atas rumput menuju bapaknya yang sedang tidur lelap beralaskan koran.

Kami pun sholat ashar bersama di masjid UI. Lucunya, acara berwudhu adalah kesenangan tersendiri buat Kai. Melihat orang-orang berwudu, Kai ikutan. Alhasil bajunya basah kuyup. Saya biarkan saja. Toh kami membawa baju ganti untuknya.

image

Usai sholat kami pun pulang menggunakan KRL (Kereta Rel Listrik) yang merupakan moda transportasi kesukaan Kai karena pintunya bisa terbuka dan tertutup sendiri :-).

Rincian pengeluaran:
– tiket KRL Jakarta-Depok pp : 6000×2 = 12000
– ongkos Kopaja Stasiun Kalibata-Cililitan pp = 4000
Subtotal : 16000 x 2 orang = TOTAL : 32000 sajah! 😉

Advertisements
Previous Post
Next Post
Leave a comment

10 Comments

  1. waw… bener2 murmer…!!! Emang kalo udah sama “kehangatan” keluarga, plus lagi dengan buah hati sekecil itu yg lagi lucu2nya, masalah tempat sepertinya bukan lagi jadi masalah besar…

    Reply
  2. uwaaaw tempat fave saia kalo pacaran ihihi

    Reply
  3. jadi kangen kopdar MP

    Reply
  4. mbak Je, selamat ya, tulisanmu ini masuk Posts of the Week #5.
    Memang sharingnya menginspirasi buat nyari tempat rekreasi yg murah.

    Ini gak termasuk wisata kuliner di sana ya?
    Atau memang kudu bawa bekal sendiri, jadi cuma pindah tempat saja buat makan bareng sekeluarga.

    Reply
    • alhamdulillah… makasih 🙂

      FYI, saya sengaja tidak menyertakan info kuliner di area Danau UI ini, karena judulnya kan PIKNIK MURMER. Jadi, kalau jajan, otomatis akan ada pengeluaran tambahan untuk beli makanan hehehe…

      Kalau mau sekalian wisata kuliner bisa juga kok, karena gak jauh dari danau UI, atau tepatnya di belakan Stasiun Pondok Cina, ada kantin. Cuma kalau Hari Minggu cuma sedikit vendor makanan yang buka. Selain itu, kalau makan di kantin, danaunya gak keliatan dong hehehe… kecuali kalau makanannya dibungkus, terus makan di pinggir danau 😉

      Di depan Masjid UI juga banyak banget PKL kok. Jadi kalau gak bawa bekal dari rumah, bisa juga jajan di area Danau UI. Tapi jangan lupa, jangan buang sampah sembarangan yaaa supaya tidak mengotori lingkungan 😉

      Reply
  1. Posts of the Week #5 | KOLOR INI
  2. Ketika Kai Sakau Naik Kfw | Rumah Mbakje

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: