Bakso Ikan home made

bahan:
– 1 ekor ikan kembung (bisa diganti ikan lain) di-fillet
– 1 butir putih telur ayam
– 5 sendok makan tepung sagu/
tapioka
– garam & merica secukupnya
– 3 gelas air kaldu (kaldu apa saja)
– 3 siung bawang putih
– 1/2 siung bawang bombay (bisa diganti bawang merah)
– daun bawang seledri cincang secukupnya
– bawang goreng secukupnya

image

Cara membuat bakso Ikan:
1. Cincang fillet ikan hingga halus
2. Campur ikan cincang, putih telur, tepung tapioka/sagu, garam, merica hingga rata
3. Bulat-bulat kan adonan menggunakan sendok
4. Masukan bulatan adonan ke dalam air mendidih hingga adonan mengambang.

Cara membuat kuah bakso:
1. Tumis bawang putih, merah/bombay cincang hingga harum
2. Masukan tumisan tsb ke dalam air kaldu yang sudah mendidih
3. Tambahkan garam merica secukupnya.

Sajikan bakso Ikan bersama kuah bakso. Lengkapi dengan taburan daun bawang seledri dan bawang goreng.

NOTE: Bakso ikan (tanpa kuah) ini nikmat juga disantap dengan saus/sambal kacang. Tapi judulnya berubah jadi SIOMAY hehehe… 😀

Advertisements
Leave a comment

5 Comments

  1. saya juga sering bikin bakso sendiri, pakai ikan apa aja………asal tahan bau amisnya, soalnya amis ikan beda2…
    alasan pertama kenapa bikin bakso sendiri, karena disini belum ada baso yang halal. 😀
    ternyata bikin sendiri lebih sehat, murah meriah dan halal thayyiban

    Reply
    • betulll… sepakat! kalo bikin sendiri ketahuan halalan thayyibannya. Kalo beli ada hal yg kita gak tahu… apalagi sekarang ini di Jabodetabek lagi santer Bakso sapi dioplos daging celeng karena harga daging sapi yang lagi tinggi 😦

      Reply
  2. Pakai ikan tenggiri rasanya lebih muantaap hehehe
    Saya sering buat Siomay, kadang suka buat jualan atau ada yg pesen, jadi pengen makan Siomay deh
    Hatur nuhun resepna 🙂

    Reply
    • yup… emang paling mantaps pake ikan tenggiri teh. berhubung di kulkas adanya ikan kembung, maka ‘tak ada rotan akarpun jadi’ 😀

      Reply
  1. Siomay Udang Wortel Ala Mbakje « Rumah Mbakje

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: