Menyapih Kai (Day 2)

ImageSetelah berusaha sekuat tenaga dan sekuat hati mengalihkan keinginan Kai untuk nekke, malam hari pertama penyapihan berlalu, meski dengan tangis pilu Kai 😦

Jujur, cukup sulit buat saya. Apalagi jari tangan kanan lagi absces karena tertusuk duri dan kaki kiri lagi gatal-gatal karena disengat semut rang rang. Kebayang kan bagaimana hari pertama kemarin sangat menguras tenaga dan emosi saya… Huff.

Pada dasarnya, naluri Kai untuk nekke di siang hari mulai jauh berkurang seiring dengan pertumbuhan usianya. Itu sebabnya prinsip “no offer, no refuse” sudah saya terapkan sejak Kai usia sekitar 1,5 tahun. Keinginan Kai untuk nekke di siang hari bisa dengan mudah dialihkan ke hal lain, seperti bermain, membaca buku, atau minum. Meskipun pada dasarnya Kai sangat agresif kalau kepingin nekke. Apalagi kalau ibunya lagi di rumah, maunya nekke melulu hehehe.

Nah, yang jadi problem besar adalah penyapihan di malam hari. Ketika Kai terjaga, mulutnya terbiasa mencari nekke dan menghisap untuk membuatnya kembali tidur pulas. Makanya pada malam hari pertama kemarin sangat melelahkan. Kami berdua tak hentinya terjaga. Kai pun menangis pilu.

Tibalah hari kedua… eeeng ing eeeeng….

Karena hari kedua penyapihan ini saya masuk kerja, maka siang hari tak menjadi masalah buat Kai. Hanya saja, menurut eyangnya, Kai makannya buanyak bangeeet. Plus boboknya juga lama. Ya iya laah πŸ˜€

Okay, back to Day 2! Pulang kantor saya disambut Kai yang sedang bermain di teras rumah. Mumpung perhatiannya lagi gak tertuju ke ibunya, buru-buru saya mandi. Nah, pas mandi ini saya merasakan kok PD saya keras banget. No wonder sih, secara ASI saya selama 24 jam tidak dikeluarkan. Waduh gawat juga nih. Kalau dibiarkan terus bisa mastitis. Dan saya pernah mengalami mastitis saat awal-awal menyusui, dan itu sakit banget!

“Ibuuuu…!!!” jerit Kai dari luar kamar mandi sambil menggedor-gedor pintu kamar mandi. “Nekke aja, Ibuu!!!”.

Gawat! Gimana nih? Haruskah saya keukeuh pada pendirian untuk menyapih Kai dengan resiko mastitis?? I need help!!!

Singkat cerita, setelah baca Baby Book dan konsultasi lewat SMS dengan teman yang juga konselor lakatasi, maka dengan ini saya memutuskan………………………………….. memenuhi keinginan Kai untuk nekke…. srooot…sroot..srooot…

Next Post
Leave a comment

8 Comments

  1. Good luck mak nge-weaning Kai nya, masa2x paling menguras hati, tenaga dan air mata…semangad mak!
    Oia wkt nyapih Yusuf, aku lupa *saking excitednya* untuk memeres ASInya, krn ga kerasa bengkak jg, eh 3bln habis itu aku check up mamogram, ternyata di kedua PDku jd ada kistanya mak, walo msh 4mm dan 6mm. Sepertinya efek nyapih ga diperes itu penyebab utamanya, selain kurang gerak dan olah raga jg sih….langsung gempur dgn ngeraw juice tiap pagi dan mkn sayuran mentah diperbanyak…

    Reply
    • iya mak… makasih. itu dia, aku jg berpikir utk memerah jg selama weaning. Masalahnya jari telunjuk kanan lagi absces gede banget ampe2 jadi kidal nih 😦
      Btw, ampe segitunya yah efek ASI yg msh tertinggal di PD ya mak… skrg udah sehat lagi kan?

      Reply
  2. thetrueideas

     /  February 7, 2013

    usia berapa yaaa?

    saya punya 2 anak yang disapihnya, kira-kira udah umur 2.5 tahun, hehehe…

    Reply
    • anakku 2 tahun lebih 20 hari mas…. berarti saya termasuk terburu2 menyapih ya? hehehe…

      Reply
      • thetrueideas

         /  February 7, 2013

        gak kok…2 tahun khan sesuai dg tuntunannya…

        lebihannya itu karena memang gak tega nyapih, hehehe

      • lha ya itu dia… gak tega dan kondisi blm memungkinkan hehehe…

  1. Menyapih Kai (lagi) | Rumah Mbakje
  2. [Menyapih Kai] Happy Ending | Rumah Mbakje

Leave a Reply

