M lagi

Kai umur 1 hari

ngejemur Kai yg baru lahir di Jakarta Islamic Hospital (JIH)

Setelah 2 tahun, akhirnya hari ini kedatangan tamu bulanan lagi.

“Dua tahun? KB ya?” demikian sebagian besar orang berkomentar.

Nope! Saya tidak menggunakan KB apapun. Just ASI.Yup! Alhamdulillah saya telah memenuhi hak anak pertama saya untuk menyusui selama dua tahun penuh, sesuai perintah Allah SWT dalam Quran Surah Al Baqarah ayat 233.

Ketika masuk 7 bulan menyusui saya masih belum dapat haid juga, sempat saya konsultasikan ke dr Prita yang membantu persalinan saya. Menurutnya hal tersebut wajar, karena setiap perempuan karakteristik haidnya berbeda-beda. Bahkan Fatimah ra tidak mendapatkan haid sama sekali selepas melahirkan.

Menyusi bayi sejatinya merupakan KB alami, namun lazimnya hanya efektif sampai bayi berusia 6 bulan dan selama 6 bulan itu si bayi ASI eksklusif. Namun dalam kasus saya sampai 2 tahun hehehe… πŸ˜€

Mungkin juga ini efek penyapihan yang perlahan saya lakukan. Apalagi pada hari pertama lalu selama 24 jam ASI saya tidak dikeluarkan. Huff…. pantesan beberapa hari belakangan rasanya moody banget. Bawaannya pengen makan orang! Gak tahunya PMS 😦

Leave a comment

8 Comments

  1. wah 2 tahun! pernah nggak kepikiran kalo ternyata hamil lagi, mba? hehe

    Reply
  2. Dulu pengalamanku cm sampe usia anakku 5bln klo ga salah, secara nifasnya hampir 2bln. Saking hebohnya ngurus bayi sampe br sadar klo blm dpt period setelah 5bln, sempet tegang kita berdua dan bukannya ngecek pake test pack malah ngecek ke bang google #duduls xixixi
    Tapi kejadian dirimu sungguh ajaib say, baru denger ini sampe 2thn. Ada hubnyakah dengan menyapih perlahan? Dulu aku saking ‘perlahan’nya menyapih sampe anakku umur 3,5thn hahahahaha. Apa mungkin bener kata bu dokter prita, tergantung hormon masing2x kali ya….eh baru tau klo kei dibantu kelahirannya sm dokter prita πŸ˜€ kenal duluan di MP atau sdh kenal sebelumnyakah? #kepo

    Reply
    • Jadi yusuf ASInya sampe 3,5 th?? Subhanallah… πŸ˜€
      Soalnya Bang google lebih pinter daripada test pack ya mak hehehe…
      sama dr Prita duluan kenal di dunia nyata, baru di mp πŸ˜€

      Reply
  3. selamat, anda sudah berhasil mengamalkan salah satu perintah Allah, maka berbahagia dan bersyukurlah.
    Saya cuma mampu memberi asi setahun pada anak pertama, karena puting susu digigit olehnya, maklum usia 6 bulan giginya sudah 4 , mungkin karena gusinya gatal kali ya jadi waktu menyusu sambil digigit, sampai berdarah, ……..sembuh sebelah, ech sebelah digigit, akhirnya atas saran dokter disapih dech.
    Nah anak kedua..lebih miris lagi, sama sekali gak keluar asinya, kasihan dia,…….:(

    Reply
    • iya mbok… alhamdulillah bersyukur banget, apalagi anakku gak hobi ngegigit… alhamdulillah.
      Gpp mbok, kan Allah gak membebani di luar kemampuan hamba-Nya πŸ˜‰

      Reply
  4. Saya ngasih ASI sampe anak2 diatas umur 2 tahun hihihi, kasian..kasian..kasiaan gitu aja alasannya..lama-lama ya harus ditegain.

    Jadi sekarang siap2 untuk yang kedua? πŸ™‚

    Reply

Leave a Reply

