Low Back Pain & Shalat

Apa hubungannya low back pain dengan sholat? Ada banget!

low back pain

sakit punggung bawah (low back pain)

Dua hari lalu saya mengalami sakit tulang punggung belakang bagian bawah (low back pain) yang luar biasa. Sampai-sampai saya harus sholat sambil duduk. Duduk pun harus diatur sedemikian rupa posisinya, karena sakitnya menjalar sampai ke bokong.

Padahal suami mau berangkat ke Mesir dan Gaza. Mau tidak mau, dia harus packing sendiri perlengkapannya. Pada saat mengantar ke bandara Soekarno-Hatta pun akhirnya saya ditemani ibu, karena saya tidak bisa menggendong Kai yang baru 2 tahun. Gerakan saya pun jadi serba slow motion 😦

Ini pasti gara-gara saya duduk terlalu lama dalam posisi yang tidak benar. Yeah… beberapa hari yang lalu saya bisa duduk 10 jam non stop sehari karena mengerjakan transkrip verbatim FGD (focus group discussion) berdurasi 2,5 jam yang harus selesai dalam dua hari. Sementara, sebagai 8 to 4 worker, sehari-harinya saya kerja di belakang meja mantengin monitor PC. Kebayang kan bagaimana tidak sehatnya aktivitas saya yang lebih banyak duduk diam ketimbang bergerak! Ditambah lagi ngerjain side job mengetik transkrip yang juga mengharuskan saya duduk diam 😦

Tapi dibalik ini semua ini, saya menjadi sangat bersyukur. Lho kok bisa? Yup, karena

ruku

ruku dengan punggung lurus menjadi salah satu terapi low back pain

dengan ‘memaksakan’ diri melakukan gerakan sholat secara normal–tidak sambil duduk–low back pain saya makin lama makin mereda. Memang awalnya sakit banget, terutama ketika ruku dan sujud. Namun dengan memperpanjang waktu ruku dan sujud secara perlahan, low back pain pun perlahan mereda. Alhamdulillah..

Semakin sering saya sholat, semakin mendingan deh ini keluhan. Jadinya, tidak hanya sholat fardhu, berbagai sholat sunnah saya kerjakan. Subhanallah… jadi makin cinta deh sama Allah SWT. Sholat rasanya jadi semakin nikmat. Sambil berdoa pada Allah, sambil terapi gerakan sholat secara perlahan (tuma’ninah), beban/sakit ini rasanya menjadi begitu ringan. Alhamdulillah… Gak percaya? Buktiin sendiri deh 😉

Leave a comment

4 Comments

  1. baru merasakan manfaat gerakan sholat tatkala ada keluhan ya. Ditambah berenang hasilnya akan lebih baik. Jangan angkat barang berat dan jangan tidur di kasur yang terlalu empuk. Kalau sakit berlanjut segera ke JIH…

    Reply
    • iya dok, terima ksh sarannya… kalo gk gini gk rajin sholat sunnah hehehe… saya jg kombinasikan dg yoga utk low back pain tiap pagi & sore.

      Reply
  2. LBP = Penyakitnya dokter gigi kalau posisi rawat pasiennya salah… Alhamdulillah, klo aku kumat gak parah2 amat.. 🙂

    Reply

Leave a Reply

