Umat Islam Tinggal Satu Generasi

kiamat-1Berdasarkan beberapa hadits shahih disebutkan, umur ummat Muhammad 1500 tahun. Sementara sekarang sudah tahun 1434 H. Dimana kita tahu, 1 H ditandai dengan hijrahnya Nabi dan para sahabat dari Mekkah ke Madinah yang terjadi pada tahun ke-13 masa kenabian Muhammad SAW.

Itu berarti 1434 H + 13 tahun kenabian di Mekkah = 1447 tahun. Dengan demikian, sisa masa Umat Islam = 1500 – 1447 =  53 tahun lagi, which is tinggal satu generasi lagi!!

Dari mana angka ini didapat?

Bahasan detil tentang umur umat Muhammad ini ada dalam buku yang ditulis ulama Timur Tengah, Ust Amin Muhammad Jamaluddin. Beliau mengutip hadits riwayat Al Bukhari yang artinya:

Perumpamaan kaum Muslimin dan Yahudi serta Nasrani, seperti perumpamaan seorang yang mengupah satu kaum (Yahudi) untuk melakukan sebuah pekerjaan sampai malam hari, namun mereka melakukannya hanya sampai tengah hari. Lalu mereka pun berkata, “Kami tidak membutuhkan upah yang engkau janjikan pada kami, dan apa yang telah kami kerjakan, semuanya bagi-mu”. Ia pun berkata, “Jangan kalian lakukan hal itu, sempurnakanlah sisa waktu pekerjaan kalian dan ambillah upah kalian dengan sempurna”.

Mereka (Yahudi) pun menolak dan meninggalkan orang itu. Maka orang itu mengupah beberapa orang (Nasrani) selain mereka (Yahudi), ia berkata: “Kerjakanlah sisa hari kalian dan bagi kalian upah yang telah aku janjikan untuk mereka (Yahudi)”. Sehingga ketika tiba waktu sholat Ashar, mereka (Nasrani) berkata, “Ambillah apa yang telah kami kerjakan untukmu dan juga upah yang engkau sediakan untuk kami.” Orang itu berkata, “Sesungguhnya sisa waktu siang tinggal sedikit.” Mereka (Nasrani) tetap menolak, sehingga orang itu mengupah satu kaum yang lain (Muslimin) untuk melanjutkan pekerjaan sehingga selesai sisa hari mereka (Nasrani).

Maka kaum itu (Muslimin) pun bekerja pada sisa hari mereka (Nasrani), yaitu sehingga terbenamnya matahari dan mereka pun mendapat upah yang sempurna yang dijanjikan kepada dua kelompok sebelumnya.

Seperti itulah perumpamaan mereka (Yahudi dan Nasrani) dan perumpamaan apa yang kalian (Muslimin) terima pada cahaya (hidayah) ini.

(HR Al Bukhari. Lihat Fathul-Kabir juz V hlm. 202 no: 5728).

Nah, penjelasan hadits ini menurut Al Imam Ibnu Hajar Al ‘Asqalani: “Para Ahli Naql telah sepakat bahwa masa (umur) bangsa Yahudi–sejak diutusnya Musa as–sampai diutusnya Muhammad saw adalah lebih dari 2000 tahun. Dan umur Nasrani dari jumlah itu sebanyak 600 tahun. Satu pendapat mengatakan lebih sedikit dari itu” (Fathul-Barri juz IV hlm. 449)

Ini artinya, umur Yahudi ialah 2000 tahun lebih – 600 = 1400 tahun lebih. Ust Amin Muhammad Jamaluddin mengatakan, menurut para ahli sejarah, “lebih” yang dimaksud adalah seratus tahun lebih sedikit, sehingga umur umat Yahudi adalah kurang lebih 1500 tahun.

Nah, masa 600 tahun untuk umur Nasrani itu berdasarkan HR Al Bukhari dari Salman, “Masa fatrah (kevakuman) antara Isa as dan Muhammad saw adalah 600 tahun.”.

Adapun ‘tambahan’ umur untuk umat Muhammad terdapat dalam hadits berikut:

Sesungguhnya Allah tidak akan melemahkanku, yaitu pada umatku, jika Ia mengulur (umur) mereka setengah hari, yaitu 500 tahun.” (HR Abu Nu’aim dalam Al Hilyah. LIhat Fathul Kabir juz II hlm. 126 No: 1807)

Jadi, umur umat Muhammad saw = umur umat Yahudi – umur umat Nasrani = 1500 (lebih sedikit) – 600 = 900 tahun lebih sedikit ditambah 500 tahun = 1400 tahun lebih sedikit.

Nah, “lebih sedikit” ini, menurut para ahli sejarah, sekitar 100 tahun. Maka dapat disimpulkan, umur ummat Islam adalah sekitar 1500 tahun.

Saya sempat menanyakan perhihal ini dengan seorang ustadz yang saya kenal. Awalnya beliau mengatakan belum pernah mendengar hadits ini. Namun malam harinya, ketika beliau membuka Kitab Fathul Barri, beliau mendapati hadits-hadits tentang umur umat Muhammad seperti yang saya tanyakan. Akhirnya beliau pun mengiyakan saya. Bahkan bahasan ini menjadi topik ceramah beliau selama beberapa pekan.

Well, saya bukan ahli sejarah, tafsir, maupun hadits. Saya juga tidak memaksa pembaca untuk meyakini tulisan saya. Namun sebagai seorang muslim, saya berharap tafsiran hadits di atas menjadi motivasi kita untuk menjadi lebih baik dan lebih bertakwa.

Apalagi melihat tanda-tanda yang bertebaran di muka bumi ini yang menjadi penanda makin dekatnya kiamat, semoga membuat kita semakin membenahi visi misi kita hidup di dunia ini.

Bahkan beberapa waktu lalu saya sempat berdiskusi dengan suami soal ini, hingga tercetus kata-kata, “Jika benar usia umat Islam tinggal satu generasi lagi, berarti perang akhir zaman akan terjadi pada generasi Kai (anak kami). Mungkin sebaiknya ia kita persiapkan untuk kelak berjihad bersama Imam Mahdi dan Nabi Isa as.” Wallahua’lam bisahawab.

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

25 Comments

  1. Reblogged this on kata shinta tentang dunia and commented:
    preparing….

    Reply
  2. akhirnya teteh, saya menemukan blog yang “saya banget” 😀
    love your writing, teteh….
    udah lama blogwalking tapi ngga nemu blog yg bisa bikin saya betah bacanya. padahal tampilannya aduhai banget. but this one, i just love it! bahasa-nya bagus, bahasannya pun menarik. ❤ ❤ ❤

    Reply
  3. “Hiduplah engkau untuk Dunia seakan-akan engkau Hidup selamanya, dan Hiduplah engkau untuk Akhirat seakan-akan engkau besok mati”

    Reply
    • iya betul!!

      Reply
    • Brigadir

       /  July 4, 2013

      Jangan salah paham bro… maksud hadits :
      “Hiduplah engkau untuk Dunia seakan-akan engkau Hidup selamanya, dan Hiduplah engkau untuk Akhirat seakan-akan engkau besok mati” , maksudnya adalah:
      Urusan dunia silahkan ditunda (jangan diburu-buru) seolah2 kita masih lama hidup, dan urusan akhirat agar disegerakan seakan-akan kita akan mati besok.

      banyak orang yg salah paham mengenai hadis ini, silahkan cek kitab-kitab klasik kalau tidak percaya.

      Reply
  4. yayaya, so, jadi PR mempersiapkan generasi akhir jaman toh

    Reply
  5. mbak,, izin share ya,, buat jadi bahan renungan

    Reply
  6. ya moga khilafah islam segera tegak shg bs mengkoordinir umat islam utk berjihad.. 🙂

    Reply
  7. Budy

     /  August 27, 2013

    “Hiduplah engkau untuk Dunia seakan-akan engkau Hidup selamanya, dan Hiduplah engkau untuk Akhirat seakan-akan engkau besok mati” itu bukan hadist nabi tapi perkataan seorang sahabat Nabi yang bernama Abdullah bin Amr bin al-Ash radhiyallahu anhu.

    Reply
  8. Reblogged this on Mari Berbagi.

    Reply
  9. Reblogged this on Me TIME and commented:
    Be aware….

    Reply
  10. nice artikel mbak, saya memang lagi cari-cari referensi sebanyak mungkin tentang umur umat akhir zaman (Islam)

    informasi ini perlu disebar ke banyak umat sebagai bekal persiapan menghadapi perang besar akhir zaman..bisa jadi Imam Mahdi muncul digenerasi kita

    Reply
    • Alhamdulillah kalau tulisan ini bermanfaat… silakan jika hendak di-share atau reblog

      wallahua’lam bishawab… kita memang harus siap sedia

      Reply
  11. sayyid

     /  June 26, 2014

    Assalamualaikum wr.wb,
    sebenarnya lebih kurang lagi dari 53 th.yaitu lebih kurang28 th.

    wassalam,
    sayyid

    Reply
  12. Perang ada pada generasi kita, pada mereka(anak kita) ada
    ‘The second Golden Age’
    sebagaimana sholibiyun telah menyatakan golden age mereka telah berlangsung
    pada paris, maka saatnya itu untuk berakhir.
    streaming:https://www.facebook.com/video.php?v=295352320634607

    Reply
  13. fandi

     /  March 6, 2015

    bnar, ada di pngajian abuya uci cilongok. prnah mnjelaskan hal ini. akan trjdi tnda kiamat yg bsar2an dan sngat nampak, bhkan ktikta thn 1400 h aja udah mulai. tpi nyg pling bsar ya d thun 1500

    Reply
  1. Homeschooling dan Akhir Zaman | Rumah Mbakje

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: