X Factor Hanya Sandiwara

tiket Gala Live Show RCTI

tiket Gala Live Show RCTI

Saya gak hobi nonton TV, apalagi saya gak punya TV di rumah, tapi saya bekerja di stasiun TV…. Nah loh  🙂 Dan saya kepincut acara X Factor Indonesia (XFI) karena melihat (bukan menonton) di TV kantor :))

Jujur, saya–dan mungkin juga hampir semua pemirsa TV–kepincut oleh penampilan Fatin Sidqia pada saat audisi. Hingga akhirnya saya selalu penasaran seperti apa penampilan dia di babak berikutnya, yaitu bootcamp, judge home visit, showcase, hingga gala show.

But overall, penampilan setiap kontestan di babak audisi yang ditampilkan di TV sangat menarik. Mulai dari yang suaranya bagus banget sampai yang jelek banget tapi pede banget yang bikin ngakak. Dan menariknya, selalu ada kejutan baru di tiap episodenya. Itu sebabnya, menurut saya, mengapa acara kontes musik ini menjadi acara yang paling ditunggu pemirsa TV seluruh Indonesia. Itulah mengapa X Factor Indonesia selalu mencetak angka TV rating tertinggi se-Indonesia setiap Jumat.

Nah, karena rasa kepincut inilah maka tumbuh rasa penasaran saya all about XFI, hingga saya googling all about XFI termasuk profil para finalis yang masuk Gala Show. Ternyata eh ternyata… saya dapati seorang finalis yang sudah masuk dapur rekaman meski tidak terlalu terkenal. Bahkan ia ternyata sudah menjuarai berbagai ajang kontes menyanyi internasional. Dan ternyata sang pacar yang juga masuk sebagai finalis XFI pun adalah vokalis band lawas yang juara kontes menyanyi internasional.

Terlepas dari kualitas suara dan teknik bernyanyi yang bagus, saya pikir agak tidak fair jika mereka bersaing dengan kontestan lain yang kelasnya penyanyi kafe, karaoke, bahkan kamar mandi. Dan ternyata pemikiran ini pun diamini banyak orang ketika di twitter ramai orang ‘menghujat‘ finalis yang sudah jadi penyanyi ini. Bahkan ada yang menduga, XFI ini hanya ajang mereka agar lebih terkenal dan albumnya laku di pasaran. Sehingga ada yang berkicau, “Kalau begitu Rhoma Irama mestinya boleh ikut XFI untuk menaikkan pamornya kembali.”.

Lucunya, saat audisi, para juri terlihat (atau berpura-pura) belum mengenal dua finalis yang sudah jadi penyanyi ini. Menurut saya, mustahil musisi sekelas Ahmad Dani, Bebi Romeo, dan Rossa tidak mengenal nama “Novita Dewi Marpaung” alias “Dewi Marfa” dan vokalis Sahara Band, “Alex Rudiart Hutajulu”. Karena itu, rasanya tidak berlebihan saat Gala Show 2 Anggun berkomentar untuk Novita Dewi, “Kamu itu bukan saingan para finalis lain, tapi saingan kita-kita (para juri).”.

Sekali lagi, terlepas dari kualitas suara dan teknik bernyanyi yang luar biasa dari dua finalis tersebut, tetap tersimpan misteri ‘sandiwara’ di panggung XFI. Coba deh perhatikan celotehan masing-masing juri; Bebi Romeo selalu berkata, “Juara satu sudah pasti lah dari kategori saya.” Ahmad Dani bilang, “Saya rela kamu jadi juaranya.”. Serta Anggun dan Rossa yang selalu memuji setiap penampilan penyanyi ini. Ditambah lagi, saat awal-awal audisi, Alex sempat berkicau di twitter, “3 besar sudah di tangan lah”.

Karena itu, tidak berlebihan pula kiranya jika ada yang berasumsi bahwa juara XFI sebenarnya sudah ditentukan alias di-setting dan saya tidak menafikan itu. Sebagai alumni Fakultas Ilmu Komunikasi yang bekerja di media massa, saya tahu benar seperti apa agenda setting itu. Tapi yang pasti, tulisan ini sama sekali tidak bermaksud mendiskreditkan siapapun, apalagi saya termasuk penikmat XFI dan Nu Dimension 😀

Jadi, untuk para fans dan supporter, jangan putus votingnya yaaa… Dan untuk para finalis, jika ada yang membaca tulisan saya, saya berharap kalian tidak berkecil hati karena kalian semua tampil kereeeen dengan suara yang keren banget. Karena itu–seperti yang dibilang Ryan NuDi, “Setiap episode adalah kesempatan terakhir kami, maka kami selalu berikan yang terbaik.”. So, just do your best 😉

“X Factor Indonesia gokil!” (mengutip kata-kata Rossa)

Leave a comment

17 Comments

  1. KONXFAKTORASI…… hehehe

    Reply
  2. masii ga rela Dicky Adam keluarr

    iya katanya di set, Novita juara 1, Alex juara 2

    Reply
  3. saya kok malah nggak terlalu tertarik ya nonton x factor ini. klo ingat aja paling nontonnya. lebih suka nonton IMB malah

    Reply
  4. Boelatuk

     /  March 21, 2013

    abis baca ini jadi pengen menghapus artikel saya T_T
    hoho.. keren banget mbak.. serasa dejavu nonton film conspiracy theory nya mel gibson
    we’ll see deh ya.. 😀

    Reply
    • Wah artikel ttg apa tuh? Yup, we’ll see the final result yah… Menurut saya, selama media menghamba pada uang, tentu final result acara ini pun berorientasi kesana. Sekali lagi, we’ll see… 

      Sent from Samsung Mobile

      Reply
    • Btw,nonton Gala Show 5 Jumat kemarin gk? Kok komen juri buat Novita seperti merespon tulisan ini ya? Jangan2….

      Reply
  5. salam kenal mbak je…hehehe…ternyata semua isi brangkas multiply pindah ke wordpress toh!? :mrgreen:

    Reply
    • Salam kenal… mantan MPers juga ya?? 😀 Iya nih, waktu ada isu MP mau tutup per Des 2012 lalu buru-buru pindah rumah ke sini 😉

      Reply
  6. Herry Wibowo

     /  March 26, 2013

    Kalo emang bener cuma sandiwara kasihan Fathin yang konsentrasinya terpecah antara sekolah dan XFI dengan harapan bisa menang di XFI

    Reply
    • iya bener, itulah yang disayangkan banyak orang. tapi berhubung fatin fans-nya buanyak banget, jadi yang sms juga banyak. well, kita lihat aja nanti final resultnya 😉

      Reply
  7. X factor ya? Blm pernah liat yg di Indo, eeeh yg disini jg jarang 😀

    Reply
    • Naah.. jadi penasaran kan gara2 baca tulisan saya hehehe… Ternyata blog bisa menaikan rating TV juga hahaha 😀

      Reply
  1. Juri X Factor Baca Blog Saya! | Rumah Mbakje

Leave a Reply

