Mesin Eror, Sudah Tap Out Dibilang Belum :(

Kejadian ini saya alami Sabtu (20/7) lalu saat menuju kantor dan akan pulang ke rumah. Seperti biasa, saya berangkat menuju kantor dari Stasiun Duren Kalibata dan turun di Stasiun Gondangdia. Sebagai pengguna kartu multi trip, saya pun seperti biasa melakukan prosedur tap in di stasiun asal dan tap out di stasiun tujuan.

Antrian tap out Stasiun Gondangdia

Gerbang tap out di Stasiun Gondangdia memang dibagi menjadi beberapa jalur, dimana jalur 1 dan 2 adalah gerbang khusus pengguna kartu multi trip. Seperti di hari-hari Sabtu sebelumnya, antrian keluar di selain jalur 1 dan 2 cukup mengular. Tak heran, karena di hari libur lebih banyak pengguna kereta musiman alias tidak rutin menggunakan moda transportasi ini. Itu sebabnya kebanyakan mereka menggunakan kartu single trip.

So, otomatis gerbang jalur 1 dan 2 kosong melompong, karena hanya sedikit sekali pengguna kartu multi trip. Maka, melengganglah saya menuju gerbang khusus kartu multi trip. Lalu saya melakukan prosedur tap out yang hanya memakan waktu kurang lebih 3 detik, yaitu tempellampu hijau menyala – dan tripod terbuka. Beres.

Image

Kartu Multi Trip Elektronik Pengguna KRL Jabodetabek

Namun ternyata prosedur tersebut belum beres. Hal ini baru saya ketahui saat sore hari akan pulang ke rumah. Ketika tap in di Stasiun Gondangdia, mesin tidak bisa membaca status kartu saya. Berkali-kali saya tempel kartu multi trip saya ke mesin, namun mesin tak juga merespon.

“Coba kartunya saya cek, Mbak,” ujar seorang petugas yang berjaga di sisi gerbang.

Kartu saya pun dicek menggunakan mesin pengecek kartu yang dibawa-bawa sang petugas. “Oh, Mbak belum tap out nih,” ujar sang petugas.

“Hah??? Lha, tadi pagi saya sudah tap out kok, Mas,” ujar saya terperanjat.

“Kalo begitu saya tap out dulu kartunya ya,” ujar petugas tersebut sembari membawa kartu saya ke gerbang keluar. Setelah kartu saya di-tap out, petugas itu lalu mengecek kembali status kartu saya menggunakan mesih yang dibawanya. “Karena masih di hari yang sama, jadinya Mbak gak kepotong tarif terjauh meskipun lupa tap out,” lanjutnya.

“Lho, tapi kan saya sudah tap out?!” protes saya, namun tak dihiraukan petugas, karena semakin banyaknya calon penumpang yang mengantri, sehingga ia kembali berjaga di sisi gerbang.

Karena protes saya tidak digubris, maka saya langsung nge-tweet di @KRLmania dan langsung di Cc-kan ke humas PT KCJ @evachairunisa.

Saya tidak tahu apakah masukan saya digubris atau tidak. Tapi yang pasti, lewat blog ini saya tidak ingin pengguna KRL yang lain mengalami kejadian serupa.

Untuk kasus saya, saya beruntung tidak terpotong tarif terjauh karena masih di hari yang sama saya kembali menggunakan KRL lewat stasiun yang sama, sehingga status kartu saya bisa segera terdeteksi dan di-tap out-kan pada hari yang sama.

Moral or the story:

Agar pihak PT KCJ:

  1. Rutin mencek kondisi mesin di semua gate (gerbang), agar jika terjadi eror segera terdeteksi
  2. Segera memperbaiki gate yang eror agar tidak merugikan penumpang KRL
  3. Memberikan keuntungan lebih untuk pengguna kartu multi trip dan bukannya membebani tambahan biaya Rp 20 ribu. Karena hal ini, apalagi dengan kasus saya, akan membuat pengguna KRL tetap setia dengan kartu single trip.

Agar Pengguna KRL

  1. Selain melakukan prosedur tetap (protap) setiap kali tap in/out di gerbang, pastikan layar digital pada gerbang menunjukkan potongan tarif dan saldo akhir dengan tepat. Jika tidak, segera hubungi petugas.

Semoga tulisan ini bermanfaat…

Leave a comment

4 Comments

  1. Kalau stasiun sudah steril banget, tidak mungkin orang bisa keluar atau masuk kalau tidak tap-in dan tap-out. Kalau masih terjadi ya jangan salahkan orangnya tapi kemungkinan ada kesalahan penyimpanan data ke kartu.
    Semoga penumpang tidak selalu disalahkan.

    Reply
    • Saya sudah tap out sesuai prosedur lho mas, tapi dibilang sama si mesin belum tap out 😦

      Reply
  2. Mesin juga kadang error, itulah gunanya perawatan kesinambungan maintenance.
    Kontrol rutin juga.

    Reply

Leave a Reply

