Maaf

Allahumma innaka afuwun tuhibbul afwa wa fuana…

Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan suka kepada orang yang meminta maaf. Maka maafkanlah aku…

Kata “afwan” atau “afuwun” ternyata bermakna tidak sekedar maaf, melainkan menghapuskan atau melupakan sama sekali. Subhanallah, itulah Allah. Ia Maha Pengampun, Pemaaf, dan Menghapuskan segala kesalahan.

Sayangnya, tidak semua hamba-Nya memiliki sifat itu. Bahkan sering kita mendengar istilah “forgiven but not forgotten“. Masyaallah.. Itulah ciri sifat dan perasaan dengki (hasad) yang dibenci Allah SWT.

Padahal dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW pernah memberitahu para sahabat bahwa sifat pemaaf itu membuat hati seseorang bersih. Dan karena kebersihan hati yang jauh dari rasa dengki itu membuat seseorang menjadi ahli surga.

image

Dalam keseharian, mungkin sering tidak kita sadari, bahwa kita selalu membawa dendam dalam hati kita. Misalnya dengan selalu mengungkit keburukan/kesalahan orang lain di masa lalu, “Kan elu sendiri yang pernah bilang kalo gue nyuci gak pernah bersih”. Padahal yang bersangkutan sudah lupa pernah mengatakan hal itu.

Atau contoh lain; “Dia kan dulu pernah tuh nyakitin hati gue”. Padahal kejadiannya sudah berpuluh tahun lalu dan secara lisan mereka sudah minta maaf.

Well, manusia memang tempatnya salah dan dosa. Kita memang sering egois merasa diri paling benar, sehingga ketika sedang cekcok dengan orang lain maka orang lain itu yang harus minta maaf duluan. Kalaupun sudah minta maaf, ternyata kesalahpahaman tersebut masih terus diingat-ingat sepanjang masa… Nauzubillahiminzalik.

Padahal Islam mengajarkan kita untuk saling memaafkan dan memaklumi. Bahkan Rasulullah SAW memaafkan dan memaklumi orang-orang kafir yang menganiayanya. “Mereka melakukan itu karena mereka belum mengerti,” demikian sabda beliau.
Karena itu, mari memaafkan orang lain, bahkan sebelum dia meminta maaf kepada kita. Lupakan juga segala kejadian/kata-kata yang sempat tak berkenan di hati kita. Insyaallah dengan hati yang selalu bersih, maka kita akan menjadi ahli surga…

Maafin saya juga yaa…

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

9 Comments

  1. Aneh memang, istilah “forgiven but not forgotten“ lagi trend jadi tagline di socmed (salah satunya twitter).

    Reply
  2. Mungkin karena pada dasarnya kita memang nggak akan lupa, mba. Hehe. Mohon maaf juga ya kalau saya ada komen yng menyinggung

    Reply
  3. Mohon maaf juga mbakkkkk..
    lahir batin yeaaa…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: