Ketika Kai Sakau Naik Kfw

Usai mandi Ahad pagi menjelang siang kemarin (24/11) Kai tiba-tiba minta jalan-jalan. “Kai mau jalan-jalan,” ujarnya.

“Jalan-jalan kemana?” tanya saya.

“Naik busway (bus Transjakarta. Red),” jawabnya.

“Naik busway kemana?”

“Naik busway ke kampus bapak, ke danau UI.”

“Emang bisa naik busway ke kampus bapak?”

“Iya, bisa.”

“Ya udah, bilang bapak sana.”

Lalu Kai berlari menuju kamar sambil berteriak, “Bapaaaak, Kai mau naik busway.”

“Naik busway kemana?” ujar bapak yang tengah rebahan di tempat tidur.

“Ke kampus bapak, ke Danau UI!” jawab Kai dengan lantang.

“Kalo ke kampus bapak mah naik kereta.”

“Iyah, kel(r)eta ajah gapapah.”

“Gimana tuh, anaknya mau jalan-jalan?” tanya saya ke suami.

“Ya udah, ayo,” jawab suami saya sambil menggeliat.

“Kalo mau jalan-jalan, pakai baju dulu yang bener,” ujar saya sambil mengejar Kai yang gak bisa diem kalo lagi dipakein baju. Tapi dasar anak-anak yah, begitu keinginannya untuk jalan-jalan dikabulkan, dia malah loncat-loncat kegirangan sambil berdendang sehingga tambah susah saya memakaikan bajunya. “Eh, diem dulu. Sini, pake baju dulu. Ntar kalo gak pake baju gak boleh naik kereta sama masinis,” bujuk saya.

Akhirnya Kai mau diam sebentar untuk pakai baju. Ketika ia sudah berpakaian rapih, kini giliran dia yang protes, “Bapak, ganti baju bapak!”

“Iya… iya,” suami saya bangkit perlahan dari tempat tidur.

“Aku gak ikut ya? Cucian numpuk nih,” ujar saya ke suami.

“Oke,” jawabnya.

“Kai jalan-jalan sama bapak aja ya?”

“Iyah.”

“Ibu gak ikut gapapa ya?”

“Iyah.”

Sementara bapaknya Kai berganti baju, saya menyiapkan tas dan perbekalan yang perlu dibawa untuk piknik ke Danau UI. Sebelumnya kami memang terbiasa piknik murmer ke tempat ini, sehingga Kai familiar dengan kampus dan Danau UI.

Sambil menunggu bapaknya bersiap-siap, tiba-tiba Kai berseru, “Kai mau naik Kfw!” Kfw adalah Kereta Rel Listrik (KRL) buatan PT INKA Madiun hasil kerjasama dengan Bank Kfw Jerman. Indonesia Railfans biasa menyebut kereta jenis ini dengan “Kfw”.

“Lho, katanya mau ke Danau UI? Kalau Kfw-nya gak ke UI gimana?”

“Gapapa,” Jawab Kai.

“Kalo Kfw-nya ke Kota gimana?”

“Gapapa.”

“Kalo Kfw-nya ke Tanah Abang gimana?”

“Gapapa.”

“Tuh, dengerin anaknya tuh,” ujar saya ke suami. Yang diajak ngomong cuma senyum-senyum melihat tingkah Kai.

Sambil kegirangan, Kai berceloteh, “Kai mau naik Kfw yang pintunya wal(r)na ol(r)en. AC-nya dingiiiiiin.”

Akhirnya mereka berdua berangkat ke Stasiun Duren Kalibata, sementara saya di rumah sambil mengikuti perjalanan Kai lewat whatsapp.

Berdasarkan laporan suami lewat whatsapp, rupanya setelah menunggu 30 menit di stasiun, tibalah kereta Kfw dari Depok menuju Kota. Naiklah mereka berdua ke dalam kereta yang diidam-idamkan itu. Sampai di Stasiun Kota, mereka berdua tetap di dalam kereta tersebut dan ikut kembali menuju ke arah Depok. Rencananya, mereka akan turun di Stasiun Pondok Cina, lalu berjalan kaki menuju Danau UI. Namun ternyata baru sampai di Stasiun Lentent Agung, Kai tertidur pulas. Maklum, karena kereta ini memang nyaman. Selain AC yang dingin, tempat duduknya juga empuk dan lega.

Image

Kai di dalam Kereta Kfw produksi PT INKA Madiun kerjasama dengan Bank Kfw Jerman

Maka, rencana piknik ke Danau UI dibatalkan karena Kai tidur. Akhirnya mereka berdua ikut kereta Kfw sampai pemberhentian terakhir di Stasiun Depok. Dan karena Kai masih juga tidur, maka mereka berdua ikut kereta tersebut kembali lagi ke arah Kota 😀 Rupanya ke-sakau-an Kai naik Kfw terbayar sudah. Puas dia muter satu setengah rit perjalanan, bahkan tidur siang di Kfw xixixixi…

Image

Kai dan Bapak menempuh rute Duren Kalibata-Jakarta Kota-Depok-Cawang (yang garis merah)… Kebayang kan gimana muter-muternya 🙂

Akhirnya Kai terbangun saat kereta berhenti di Stasiun Pasar Minggu Baru. Lalu mereka berdua turun di Stasiun Cawang yang terhubung dengan shelter busway. Sambil menunggu bus Transjakarta ke arah PGC, Kai dan bapak ‘piknik’ di halte busway Stasiun Cawang sambil menikmati bekal makan siang. Alhamdulillah… kesampaian juga keinginan Kai naik Kfw dan busway 😀

Image

Paket kumplit jalan-jalan Kai: Kereta Kfw + busway 🙂

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: