Homeschooling dan Akhir Zaman

Gara-gara niat ber-homeschooling (HS) dan menghindari kurikulum mubazir, maka belakangan ini saya getol ‘belajar’ tentang akhir zaman. Lho, kenapa akhir zaman? Seperti saran Pak Stephen Covey, “Memulai dari akhir”. Tapi kenapa harus akhir zaman? Karena kita memang hidup di akhir zaman, tepatnya di fase ke-4 ummat akhir zaman menurut sebuah hadits shahih.

“Rasulullah SAW bersabda, “Masa kenabian itu ada di tengah-tengah kalian, adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya. Selanjutnya adalah masa khilafah yang mengikuti jejak kenabian (Khalifah ala minhaj annubuwwah), adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya. Selanjutnya masa kerajaan yang menggigit (Mulkan ‘Adhan), adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya. Setelah itu, masa kerajaan yang menyombong (Mulkan Jabariyyan), adanya atas kehendak Allah, kemudian Allah mengangkatnya apabila Dia menghendaki untuk mengangkatnya. Selanjutnya adalah masa Khilafah yang mengikuti jejak kenabian (Khilafah ‘ala minhaj an-nubuwwah). Kemudian baginda(Rasulullah SAW) diam.” [HR Ahmad dan Baihaqi dari Nu’aman bin Basyir dari Hudzaifah]

Sebelumnya memang pernah saya share tentang ini. Tapi buat yang kuota internetnya terbatas, mungkin bagan berikut bisa membantu.

kiamat terjadi

Lalu apa hubungannya HS dengan akhir zaman? Tentu saja berhubungan sekali, karena pendidikan pada hakikatnya adalah menyiapkan generasi masa depan. Apalagi ada hadits shahih yang menyebutkan umur ummat Muhammad SAW hanya 1500-an tahun. Maka, dari masa depan itulah kita memproyeksikannya ke masa kini dalam wujud sebuah kurikulum pendidikan untuk anak-anak kita, generasi mendatang. Bismillah… semoga Allah tunjukkan dan mudahkan jalannya… amiiin.

Advertisements
Leave a comment

7 Comments

  1. good luck!
    umur bumi sudah tua..

    Reply
  2. Aamiin…sukses dgn Homeschoolingnya mbaaak…

    Reply
  3. Saya masih bertanya-tanya, kurikulumnya seperti apa ya?

    Reply
    • Itu dia yang insyaallah sedang kami coba rumuskan mas… Sementara ini kami masih berpedoman pada kurikulum yang diajarkan Luqman al hakim dalam surah Luqman ayat 12-19

      Reply
  1. Homeschooling dan Kuttab | Rumah Mbakje

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: