Brownies Pandan Kukus

Gara-gara kemarin Mas Kai minta “roti ijo”, maka saya bikinlah resep ini. Mulai dari nyiapin bahan-bahan, doi terus bertanya, “Udah mateng belum?”
Maka tatkala “roti ijo” ini sudah matang, lahaplah ia menyantapnya.

image

Mas Kai makan "roti ijo"


Bahan:

1. Tepung Terigu protein sedang 60 gram.
2. Telur 3 butir. Ambil satu pcs
putih telur dan 3 bagian kuning
telur nya.
3. Emulsifer seperempat sendok teh.
4. Gula pasir 40 gram.
5. Susu bubuk putih 27 gram.
6. Vanili setengah sendok teh
7. Baking powder seperempat sendok teh.
8. Pasta Pandan seperempat sendok teh. Tapi saya menggunakan daun pandan dan daun suji asli. Caranya; 1 lembar daun pandan + 10 lembar daun suci + 20 ml diblender lalu disaring airnya.
9. Margarin 30 gram. Lelehkan.
10. Kertas roti untuk alas loyang.

Cara Membuat:
1. Masukkan 3
pcs kuning telur, 1 pcs putih telur, gula pasir dan seperempat cake
emulsifernya.
2. Kocok semua bahan diatas dengan mixer sampai semua bahan tercampur rata dan mengembang.
3. Ambil tempat lagi. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, baking powder, dan vanili. Aduk semua bahan sampai rata dan
ayak sampai halus.
4. Campurkan hasil ayakan bahan tsb ke dalam adonan utama. Mixer semua bahan sampai tercampur
sempurna.
5. Tuang margarin cair sedikit demi sedikit sambil terus dimixer sampai rata.
6. Masukkan pasta pandan atau air saringan daun pandan asli
7. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti.
8. Kukus selama 45 – 60 menit dengan api kecil.

Selamat mencoba!

Advertisements
Leave a comment

9 Comments

  1. Yaaahh dikira selamat mencicipi

    Reply
  2. Selalu pakai emulsifer gitu ya kalau sudah dikukus, sementara disini susaaah dpt emulsifer spt di Indo, spt jenis Tbm, Sp dll

    Reply
    • kata temenku yg jualan kue, gak pake emulsifier sama baking powder gpp kok teh.

      Reply
      • Oohh siip..siip…mungkin kuning telurnya yg hrs ditambah ya… 🙂

      • kalo ditambah lebih makteh lagi tuh teh… apalagi kalo ditambah cokelat putih yang dilelehin.. hmmm :p

      • Tapi teteh mah ngga terlalu suka yang manis sekali…jd sepertinya cukup brownies pandan ini saja, nanti siang, إِنْ شَاءَ اللّهُ mau bikin, ma kasih resepnyaaa…

      • sami-samai teh… Kumaha, udah jadi teh browniesnya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: