Janji Harus Ditepati

image

Pagi kemarin Kai tantrum karena HP saya yang sedang ia jajah saya ambil. Padahal ngambilnya juga udah baik-baik, tapi teteup aja gak diijinin sama si penjajah cilik. Alhasil HP gak jadi saya pakai, tapi teteup donk doi ngamuk gak jelas alias tantrum.

Tantrum di usia 2 – 5 tahun menurut referensi yang saya baca adalah normal adanya. Karena di usia ini anak masih belajar berekspresi dan belum bisa mengendalikan emosi. Selain itu, anak-anak dengan asupan gizi cukup akan melepaskan hormon sorotein (kalo gak salah). Nah, hormon inilah yang menyebabkan ia tantrum.

Menyebalkan memang menghadapi balita tantrum. Ibunya bisa-bisa ikut tantrum juga. Emang kudu banyak dzikir supaya bisa sabaaarrrr. Karena solusinya memang cuma satu kata: SABAR. Demikian menurut pakar psikologi.

Menurut referensi yang saya baca juga, gak berguna marahin atau nasehatin anak sedang tantrum, pun membiarkannya atau mengurungnya. Solusinya adalah dengan memeluknya, mengusap-usap punggungnya, dan sikap-sikap lain yang menunjukkan rasa kasih sayang dan empati dengannya. Mudah? Wow… tentu butuh perjuangan menundukkan ego sebagai orang yang merasa ‘senior’ karena lahir duluan.

Lantas bagaimana dengan Kai? Alhamdulillah tantrumnya mereda saat saya janjikan ia naik bus Tansjakarta. Tentu saja setelah saya elus-elus punggungnya :). Meskipun saya sadar, saat itu kami hendak kondangan sekeluarga siang-siang. Namun janji harus ditepati, kalau tidak nanti dia bisa tantrum lagi karena kecewa.

Saya jadi ingat perkataan Ali bin Abi Thalib RA tentang pengasuhan anak;

Usia 0 – 7 tahun perlakukan ia sebagai raja. Usia 8 – 12 tahun perlakukan ia sebagai tawanan. Usia 12 tahun ke atas perlakukan ia sebagai sahabat.

Seringkali yang membuat anak kita tersenyum bukanlah hal rumit dan mahal. Namun seringkali juga kita yang membuatnya rumit dan mahal. Semoga Allah senantiasa membimbing keluarga kita di jalanNya hingga sampai ke surga… amiiin.

Leave a comment

2 Comments

  1. Kebayang dah klo lagi ngambek

    Reply

Leave a Reply

