Welcome Little One!

Ataya Abdillah

Melanjutkan postingan sebelumnya… Alhamdulillah sudah 2 pekan usia bayi ketiga kami saat saya menulis postingan ini. Late post banget yah hehehe… biasa lah rempong punya new born baby & si pangais bungsu yang jadi suka rungsing karena baru jadi kakak 😅.

Jadi ceritanya, selama suami di Jepang, saya sering banget mengalami kontraksi palsu di ruma sepupu. Bahkan pernah dini hari menjelang subuh saya mengalami kontraksi teratur per 7 menit sekali. “Aduh dek, jangan sekarang yah… Bapak belum pulang,” batin saya sambil ngelus perut. Dan kontraksi teratur itu makin menguat saat azan Subuh mulai berkumandang.

Karena khawatir akan meninggalkan sholat Subuh jika kontraksi menguat dan tidak bisa bangun, maka buru-buru saya ke kamar mandi untuk berwudhu. Saat di kamar mandi, rasa mulas di perut semakin menjadi. Dag dig dug dan was was jikalau saya melahirkan di kamar mandi. Tapi ternyata eh ternyata… mules itu adalah mules BAB 😅.

Masa Cuti Hampir Habis

Karena riwayat melahirkan selalu maju 2 – 4 minggu dari HPL, maka suami mengambil cuti 5 hari di usia kehamilan 38 minggu, yaitu tanggal 16 – 20 Oktober 2017. Karena PNS tidak boleh cuti dadakan, melainkan harus mengajukan ke bagian kepegawaian paling lambat sepekan sebelum hari H. Itulah sebabnya, sebelum berangkat ke Jepang, suami mengajukan cuti pasca kepulangannya dari Jepang.

Singkat cerita, sampai suami pulang dari Jepang, belum ada tanda-tanda akan melahirkan. Sampai cutinya berakhir di Hari Jumat, 20 Oktober, pun tak kunjung muncul tanda-tanda akan melahirkan. “Ayo dek, kapan mbrojol nih? Cutinya Bapak udah habis nih,” ujarku pada si jabang bayi.

Saking gelisahnya, kami rencana konsultasi ke Bude Erie Marjoko, bidan gentle birth yang Masya Allah bisa berkomunikasi dengan bayi dalam perut. Sehingga Jumat malam itu saya sempat ber-whatsapp dengan beliau dan janjian konsul di rumahnya di Hari Seninnya (23/10).

Birth Plan

Birth plan kami sebenarnya bukan di Bidan Erie Marjoko, karena lokasi yang jauh dari rumah. Kami prefer melahirkan di bidan dekat rumah mengingat saya riwayat partus cepat, yaitu proses melahirkan kurang dari 3 jam sejak kontraksi teratur.

Ada banyak bidan dekat rumah kami, namun pilihan jatuh ke Bidan Aah Nurmayanti dengan berbagai alasan, antara lain karena review yang baik dari banyak orang, lokasi dekat dengan rumah sepupu tempat saya mengungsi selama suami ke Jepang, dan tempatnya yang bersih.

Namun satu hal yang membuat saya khawatir, yaitu jalan depan rumah bidan yang sedang dicor tepat di usia kehamilan saya masuk 38 minggu, sehingga lalu lintas menuju bidan yang sering macet di jam berangkat dan pulang kantor karena sistem buka tutup. Tidak terbayang oleh saya jika ibu yang sedang mulas mau melahirkan harus terjebak macet. Saya hanya bisa mohon sama Allah agar saat melahirkan, lalu lintas tengah lengang dan lancar.

Alhamdulillah Allah mengabulkan doa saya. Sabtu (21/10) jam 3 dini hari saya mulai mengalami kontraksi teratur. Dengan diantar tetangga yang punya mobil, saya, suami, dan anak-anak menuju ke rumah Bidan Aah dengan jalanan yang lengang dan sepi.

“Masih pembukaan tiga, bu,” ujar bidan.

Saat itu masih jam 4:15 pagi. “Nanti kalau sampai jam setengah tujuh pembukaannya belum maju, harus ada tindakan medis ya bu,” lanjutnya.

Agak ngeri saya mendengar istilah ‘tindakan medis’. “Insyaallah nanti jam setengah tujuh kamu mbrojol ya dek,” ujar saya sambil mengelus perut.

Saya panjatkan kembali permohonan tersebut usai sholat Subuh di rumah bidan. Dan alhamdulillah Allah kembali mengabulkan doa saya.

Tepat jam 6:30 saya merasa mules hebat dan dorongan untuk mengejan. Selang 15 menit kemudian, tepatnya 6:45, tangis bayi pun pecah, “Ooeeeek…!!” Alhamdulillahirabbil’alamiin. Hadiah terindah dari Allah di tahun 2017 ini hadir buat kami dengan berat 3,48 kg dan panjang 48 cm.

 

Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: