Bakso Ikan home made

bahan:
– 1 ekor ikan kembung (bisa diganti ikan lain) di-fillet
– 1 butir putih telur ayam
– 5 sendok makan tepung sagu/
tapioka
– garam & merica secukupnya
– 3 gelas air kaldu (kaldu apa saja)
– 3 siung bawang putih
– 1/2 siung bawang bombay (bisa diganti bawang merah)
– daun bawang seledri cincang secukupnya
– bawang goreng secukupnya

image

Cara membuat bakso Ikan:
1. Cincang fillet ikan hingga halus
2. Campur ikan cincang, putih telur, tepung tapioka/sagu, garam, merica hingga rata
3. Bulat-bulat kan adonan menggunakan sendok
4. Masukan bulatan adonan ke dalam air mendidih hingga adonan mengambang.

Cara membuat kuah bakso:
1. Tumis bawang putih, merah/bombay cincang hingga harum
2. Masukan tumisan tsb ke dalam air kaldu yang sudah mendidih
3. Tambahkan garam merica secukupnya.

Sajikan bakso Ikan bersama kuah bakso. Lengkapi dengan taburan daun bawang seledri dan bawang goreng.

NOTE: Bakso ikan (tanpa kuah) ini nikmat juga disantap dengan saus/sambal kacang. Tapi judulnya berubah jadi SIOMAY hehehe… 😀

Spageti Saus Wortel Kacang Merah


Description:
Buat buibu yang anaknya emoh makan sayur, mungkin menu ini bisa jadi pilihan. Buat yang anak & emaknya doyan makan, menu ini gampang lho buatnya 😉

Ingredients:
500 gr spageti

Bahan Saus:
250 gr kacang merah rebus sampai empuk, lalu tumbuk/blender sampai halus
3 buah wortel potong dadu kecil
1 buah tomat potong dadu kecil
1 gelas susu cair/air kaldu
1 siung bawang bombai cincang halus
3 siung bawang putih cincang halus
garam, merica, dan pala bubuk secukupnya

Topping:
Keju cheddar parut secukupnya

Directions:
– Masukkan spageti ke dalam air mendidih. Beri garam sedikit, dan sedikit minyak agar spageti tidak lengket. Rebus sampai 8-10 menit, lalu tiriskan.

Cara membuat saus:
– Tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum
– Masukkan wortel, tumis sampai agak layu
– Masukkan susu cair/air kaldu
– Masukkan kacang merah halus
– Masukkan tomat
– Tambahkan garam, merica, pala bubuk, lalu aduk-aduk
– Biarkan sampai sampai susu cair/air kaldu mendidih, lalu matikan kompor

– Sajikan spageti dengan saus wortel kacang merah plus topping keju parut… mmm yummy!

Bakso Homemade


Description:
Resep ini dapet dari Jeng Amel (http://amaliacelebi.multiply.com/) di Turki… tapi setelah diujicoba di dapur mbakje, maka resep ini mengalami modifikasi yang sudah teruji di dapur mbakje. Dijamin berhasil deh insyaallah…. selamat mencoba 😉

Ingredients:
-1 kg daging (sapi/ayam/ikan) cincang
-1 kg tepung tapioka/sagu
-5 butir putih telur
-4 siung bawang putih yang sudah diulek halus
-merica dan garam secukupnya

Directions:
-Campur semua bahan
-Uleni sampai bisa dibentuk
-Bentuk adonan bulat-bulat atau sesuai selera (bisa bentuk hati, panjang, dll :))
-Rebus adonan yg sdh dibentuk ke dalam air mendidih sampai mengapung
-Bakso siap digunakan untuk berbagai hidangan 😉

Biskuit Bayi Rumahan


Description:
Biskuit bayi rumahan ini lebih sehat karena tanpa pengawet, penambah rasa, dan tanpa gula garam. 100% bahan alami deh pokoknya, sehingga sangat cocok untuk bayi, terutama yang mudah alergi. Bikinnya juga gampang banget lagi 😉

Ingredients:
25 gram oatmeal yang sudah dihaluskan* (oatmeal halus bisa diganti tepung gasol apa saja)
1 sdm tepung maizena
2 sdm unsalted butter yang sudah dicairkan
air es secukupnya
1 butir kuning telur untuk pengoles

Directions:
– Campur tepung oatmeal dan tepung maizena sampai rata
– Tambahkan unsalted butter, lalu uleni
– Sambil terus diuleni, tambahkan air es sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi kalis
– Pipihkan adonan di atas talenan menggunakan botol
– Cetak bundar-bundar atau bentuk apapun yang mudah digenggam oleh bayi
– Tata di loyang yang sudah diolesi margarin
– Olesi bagian atas adonan biskuit dengan kuning telur
– Panggang sampai adonan matang dan garing
– Setelah dingin, simpan biskuit ke dalam toples kedap udara

*Tepung oatmeal/beras hitam dapat diganti dengan tepung lain, e.g. gasol beras merah, gasol kacang hijau, gasol pisang, dll
Buat yang gak punya gasol, bisa kok bikin tepung sendiri menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Caranya dg menghaluskannya dalam food processor yang kemudian diayak sampai halus 😉

Puree Ubi Kentang Keju Kacang Polong


Description:
Sebenarnya ini menu makananya Kai 7m. Berhubung emaknya males masak lagi, maka jadilah makanannya Kai diembat :p

*Note: makanan tanpa gula garam. Rasa manis asli dari ubi dan kentang. Rasa asin asli dari keju.

Ingredients:
ubi manis
kentang manis
kacang polong
keju cheddar parut secukupnya

Directions:
-kukus ubi manis, kentang manis, dan kacang polong sampai empuk (kurleb 15 menit)
-setelah empuk tiriskan
-hancurkan semua bahan dengan garpu atau penghancur kentang
-taburkan keju parut
-aduk hingga rata
-sajikan

Membuat Tepung Roti Sendiri


Description:
Berawal dari melihat tumis ayam suwir yang tidak habis untuk makan malam, saya berpikir untuk mendaur ulang menu ini. Maka terpikirlah untuk memanfaatkan ayam suwir sebagai isi roti goreng untuk sarapan besok. Masalahnya, saya tidak punya tepung roti, sementara di minimarket terdekat tidak menjual tepung roti. Setelah melihat setumpuk biskuit yang sejak Lebaran belum habis juga, timbulah ide!

Ingredients:
– 1 mangkuk biskuit (baik biskuit asin ataupun manis)
– garam secukupnya
– lada secukupnya

Directions:
Masukkan semua bahan ke dalam food processor. Hancurkan semua bahan hingga halus menjadi tepung. Dan… voila! tepung roti siap dimanfaatkan 😉
Untuk resep roti goreng, bisa dilihat di sini http://mbakje.multiply.com/recipes/item/9/Roti_Goreng_Ayam_Wortel_Ala_Mbakje

Puding Beras Ala Spanyol


Description:
Judulnya emang ‘Puding Beras’, tapi kalo menurut saya panganan ini namanya ‘bubur beras’. Di negara asalnya, menu ini merupakan hidangan penutup atau camilan, tapi buat saya yang biasa makan beras (nasi), menu ini merupakan hidangan utama yang cocok untuk sarapan.

Ingredients:
125 gram beras (bisa juga memanfaatkan nasi ‘sisa’ semalam… kan sayang klo dibuang :p)
3 gelas susu cair tawar
2 cm kayu manis
1 buah jeruk lemon/nipis, potong2
gula/madu sesuai selera

Directions:
– Rendam beras selama 30 menit dengan sedikit air (Kalau pakai nasi, gak perlu direndam)
– Masak beras/nasi dengan air selama 5 menit
– Hangatkan susu di atas api sedang
– Masukkan kayu manis, jeruk lemon/nipis yang sudah dipotong2, serta gula/madu, aduk-aduk
– Masukkan beras/nasi, aduk terus sampai adonan agak mengental
– Jika adonan terlalu kental, tambahkan susu. Idealnya puding beras ini tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.
– Sajikan dingin tanpa batang kayu manis dan potongan jeruk nipis/lemon

Sup Krim Kacang Polong


Description:
Lagi musim ujan gini nikmatnya makan yg berkuah hangat plus menyehatkan. Resep ini cucok juga buat yang lagi punya masalah dengan gigi atau bayi yg lagi belajar maem MPASI, karena tekstur makanannya yang lembut.

Ingredients:
1/2 ons kacang polong beku (siap pakai)
1/4 kg kentang
1/2 cangkir susu UHT/susu cair
3 cangkir air kaldu*
1 siung bawang putih
1/2 siung bawang bombay
1 sdm minyak goreng/margarin untuk menumis
merica dan garam secukupnya

Directions:
– Cuci bersih kentang, kemudian rebus hingga empuk**
– Panaskan minyak goreng, tumis hingga harum bawang bombay dan bawang putih yang telah dicincang
– Masukkan kacang polong, tumis sebentar
– Tuang air kaldu ke dalam tumisan, biarkan hingga hampir mendidih (setengah matang)
– Ambil sebagian kacang polong yang telah ditumis, lalu sisihkan
– Masukkan susu, kentang rebus, dan tumisan kacang polong bersama air kaldu tadi ke dalam blender
– Blender semua bahan hingga halus (kecuali sebagian kacang polong yang disisihkan)
– Tuang semua bahan yang telah diblender ke dalam panci, lalu panaskan
– Masukkan kacang polong yang tadi disisihkan ke dalam panci
– Tambahkan garam dan merica secukupnya
– Aduk adonan tersebut hingga mendidih
– Sajikan hangat bersama roti tawar atau roti gandum

* Sebaiknya gunakan air kaldu asli dari rebusan ayam/daging/tulang, karena kalau pakai kaldu instan, pasti mengandung MSG dan pengawet 🙂
** Sebaiknya kentang tidak dikupas, karena kandungan vitamin pada kentang justru terletak pada kulitnya.

Sate Kambing Ala Mbakje & Masyekh


Description:
Semoga belum telat posting ya, mumpung masih suasana Idul Adha dan masih Hari Tasyrik alias masih ada yang motong kambing 🙂
Berikut ini hasil masak bareng Mbakje dan Masyekh :p

Ingredients:
750 gr paha kambing, potong dadu 2 cm
15 bh tusuk sate yang sudah direndam dalam air
Daun pepaya untuk membungkus dan mengempukkan daging kambing

Bumbu Perendam:
6 btr bawang merah, haluskan
1 sdt merica bubuk
1 sdm ketumbar bubuk
3 sdm kecap manis
1 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam

Pelengkap:
50 gr kol, iris halus
2 bh tomat, iris tipis
6 sdm bawang goreng untuk taburan
6 bh cabe rawit, iris halus
6 btr bawang merah, iris halus
5 sdm kecap manis
1 sdt merica bubuk
sedikit perasan jeruk nipis/limau

Directions:
– Campur semua bahan bumbu perendam. Campur daging kambing dengan bumbu perendam hingga rata. Bungkus daging dengan daun pepaya, diamkan selama 2 jam.

– Tusuk setiap tusukan sate dengan 4 – 5 potong daging. Bakar sate di bara api atau hot plate sambil sekali-kali diolesi sisa bumbu perendam dan bolak-balik hingga seluruh bagian matang.

– Angkat. Sajikan sate bersama pelengkapnya.

TIPS:
* Jangan mencuci daging kambing, karena kambing memiliki kelenjar sebaceous yang menyebabkan bau prengus. Bila dicuci, bau prengus akan menyebar ke seluruh bagian daging. Untuk menghilangkannya, gunakan air asam Jawa.
* Jika menggunakan daging kambing beku, lakukan thawing atau ‘pencairan’ perlahan, dengan memindahkan daging dari freezer ke dalam chiller hingga es-nya meleleh. Bila dilakukan secara cepat, daging akan lebih alot.

Salad Buah


Description:
Buat yang demen banget sama buah, tapi bosen dengan penyajian yang begitu-begitu aja, bisa coba resep ini… so quick, eazy, and yummy :p

Ingredients:
Semangkuk potongan buah-buah berikut ini :
– Kiwi
– Stroberi
– Mangga Indramayu (boleh diganti mangga jenis lain)
– Buah Naga
– Apel
– Melon

Dressing:
3 sendok makan yoghurt plain
1 sendok makan madu

Directions:
Aduk-aduk semua bahan di dalam mangkuk, lalu langsung santap… nyam! Lebih nikmat disajikan dalam keadaan dingin 😉