Jus Wortel Favorit


Description:
Gak doyan jus wortel? Rugi bangettt!! Karena wortel mengandung berbagai macam zat gizi yang baik untuk tubuh, antara lain:
– Beta karoten yang dapat mencegah dan mengatasi kanker, darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dan mengeluarkan angin dari dalam tubuh.
– Antioksidan karoten juga terbukti dapat memerangi efek polusi dan perokok pasif.
– Potasium yang terkandung dalam wortel juga berpotensi untuk membantu menjinakkan racun, terutama logam berat yang ditimbulkan polusi udara.
– Enzim pencernaan yang berfungsi diuretik

Bagi yang nggak doyan dengan aroma ‘langu’ dari wortel, dapat mencoba resep berikut, insyaallah rasanya nikmat mak nyussss 😉

Ingredients:
1 buah wortel impor warna oranye segar
1 buah jeruk nipis/lemon
4-5 sendok makan madu murni
1 1/2 gelas air matang

*Jika ingin ada kombinasi rasa, bisa ditambahkan 1/4 potong nanas atau 1/2 potong apel

Directions:
1. Masukkan wortel yang sudah dipotong-potong, madu murni, dan air ke dalam blender.
2. Beri perasan jeruk nipis/lemon
3. Blender semua bahan hingga halus
4. Tuang ke dalam gelas (untuk 2 gelas) bersama ampasnya tanpa disaring*, karena kandungan vitamin dan serat justru terdapat pada ampas wortel

*Kalaupun ingin disaring, ampasnya dapat dimanfaatkan untuk masker wajah lho! daripada dibuang sayang 😉

Pembersih Wajah Murmer


Description:
Kehabisan susu pembersih? Atau scrub wajah udah sekarat? Kenapa tidak mencoba ramuan alami yang bahan-bahannya bisa dibuat sendiri dari dapur ^^

Ingredients:
4 sendok makan garam
3 sendok makan minyak zaitun

Directions:
Campur semua bahan dengan merata.
Aplikasikan ramuan tersebut pada wajah menggunakan kuas atau jari tangan.
Biarkan selama 1-2 menit, lalu bilas dengan air hangat dan sabun.

Lakukan perawatan ini dua atau tiga kali seminggu. Anda akan melihat perubahan nyata pada kulit wajah. Garam bisa membersihkan pori-pori dengan dengan eksfoliasi, kandungan mineralnya membuat kulit lebih sehat dan minyak zaitun bisa mengembalikan kelembaban alami kulit.

sumber : http://id.news.yahoo.com/viva/20100510/tls-tiga-cara-alami-agar-jerawat-kempes-34dae5e.html

Biskuit Goreng Mbakje


Description:
Setelah Roti Goreng ala Mbakje, sekarang giliran biskuit goreng ala mbakje :)) Intinya sih cara bikinnya sama aja. Bedanya, yang ini pake biskuit, bukan roti.

Ide ini muncul waktu melihat Jacob’s crackers yang sudah sekian lama teronggok di toples hampir melempem, karena gak ada yang doyan hehehe… Akhirnya disulap deh jadi hidangan lezat yang dalam 15 menit habis tak bersisa ;p

Ingredients:
Bahan Pembungkus:
– 8 buah biskuit crackers merk apa aja yang penting rasanya tawar atau asin

Bahan pelapis
– 1 butir telur kocok lepas
– Tepung roti secukupnya

Bahan Isi:
– 1 potong ayam goreng disuir-suir halus
– 1/2 batang wortel dipotong dadu kecil-kecil
– 1 siung bawang putih dicincang halus
– 1/4 siung bawang bombay dicincang halus
– lada secukupnya
– garam secukupnya
– 1 sdm susu UHT cair/susu kental manis secukupnya
– air sedikit saja
– 1 sdm mentega untuk menumis

Bahan lainnya:
– minyak untuk menggoreng
– saus sambal
– mayonese

Directions:
Isi:
1. Cairkan mentega di atas wajan dengan api sedang
2. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum
3. Masukkan potongan wortel, aduk-aduk
4. Tambahkan susu, aduk-aduk
5. Tambahkan air agar wortel lebih cepat matang, aduk-aduk
6. Masukkan ayam yang sudah disuir-suir, aduk-aduk
7. Tambahkan lada dan garam secukupnya
8. Setelah bahan isi sudah cukup matang, biarkan agar dingin.

Pembungkus dan Pelapis:
1. Sambil menunggu bahan isi dingin, siapkan biskuit crackers, tepung roti, dan telur yang telah dikocok lepas.
2. Ambil biskuit crackers 2 buah
3. Isi diantara 2 crackers dengan 1 sendok makan bahan isi
4. Gulingkan biskuit crackers secara merata pada telur yang sudah dikocok. Pastikan seluruh permukaan biskuit terlapisi oleh telur.
5. Lalu gulingkan biskuit secara merata pada tepung roti. Pastikan juga seluruh permukaan biskuit terlapisi tepung roti.
6. Ulangi proses ini pada biskuit berikutnya.
7. Panaskan minyak
8. Goreng biskuit yang telah siap sebentar saja sampai warnanya kecokelatan
9. Tiriskan biskuit
10. Sajikan biskuit goreng ini bersama mayonese dan saus sambal… Nyam!

*Picture, food & garnish by mbakje ;p

Resep Komplit – Aneka Resep Masakan dari Indonesia dan Mancanegara

http://www.resepkomplit.com/
Buat yang doyan eksperimen di dapur 😉

Roti Goreng Ayam Wortel Ala Mbakje


Description:
Musim hujan gini enaknya emang ngemil yang hangat dan gurih. Kebetulan di kulkas nangkring sepotong ayam goreng sisa makan malam plus roti tawar ‘nganggur’… Akhirnya ke-ide-an berkreasi bikin makanan lezat yang bikin hari-hari dingin menjadi hangat, hmmmm… apalagi makannya ditemani teh tubruk hangat plus belahan hati tercinta… slurrp ;p

Ingredients:
Bahan Roti:
– 4 lembar roti tawar tanpa kulit berbentuk segi empat

Bahan pelapis
– 1 butir telur kocok lepas
– Tepung roti secukupnya

Bahan Isi:
– 1 potong ayam goreng disuir-suir halus
– 1/2 batang wortel dipotong dadu kecil-kecil
– 1 siung bawang putih dicincang halus
– 1/4 siung bawang bombay dicincang halus
– lada secukupnya
– garam secukupnya
– 1 sdm susu UHT cair/susu kental manis secukupnya
– air sedikit saja
– 1 sdm mentega untuk menumis

Bahan lainnya:
– minyak untuk menggoreng
– saus sambal
– mayonese

Directions:
Isi:
1. Cairkan mentega di atas wajan dengan api sedang
2. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum
3. Masukkan potongan wortel, aduk-aduk
4. Tambahkan susu, aduk-aduk
5. Tambahkan air agar wortel lebih cepat matang, aduk-aduk
6. Masukkan ayam yang sudah disuir-suir, aduk-aduk
7. Tambahkan lada dan garam secukupnya
8. Setelah bahan isi sudah cukup matang, biarkan agar dingin.

Roti dan Pelapis:
1. Sambil menunggu bahan isi dingin, siapkan roti tawar, tepung roti, dan telur yang telah dikocok lepas.
2. Ambil roti tawar, lipat menjadi bentuk segitiga
3. Buka lipatan roti, isi tengah roti dengan 1 sendok makan bahan isi, lalu lipat kembali
4. Gulingkan roti secara merata pada telur yang sudah dikocok. Pastikan seluruh permukaan roti terlapisi oleh telur.
5. Lalu gulingkan roti secara merata pada tepung roti. Pastikan juga seluruh permukaan roti terlapisi tepung roti.
6. Ulangi proses ini pada roti kedua dan seterusnya.
7. Panaskan minyak
8. Goreng roti sebentar saja sampai warnanya kecokelatan
9. Tiriskan roti
10. Sajikan roti goreng isi ayam wortel ini bersama mayonese dan saus sambal… Gampang kan?! ;p

Lasagna Sayur Lapis Roti


Description:
Sebenarnya resep ini diadaptasi dari resep Lasagna Roti Keju ala ‘chef Anies’ ;p dari link ini http://onlyme26.multiply.com/recipes/item/19/Lasagna_Roti_Keju
Berhubung saya tidak punya daging cincang sekaligus memanfaatkan tumis buncis sisa, maka jadilah hidangan nikmat yang bikinnya lumayan gampang :))

*Foto diambil dari internet, soalnya gak sempet motret udah keburu abis hehehe…

Ingredients:
Bahan Utama.
– 8 lembar roti tawar/roti gandum –> jumlah roti disesuaikan dengan ukuran loyang/pinggan
– 4 lembar keju kraft single –> sesuaikan juga dg ukuran loyang/pinggan
– 10 lembar smoked beef –> idem
– Tepung panir, secukupnya
– Parutan/potongan keju mozarella (keju mudah leleh) secukupnya –> kalau tidak ada bisa diganti dengan keju cheddar 😉

Bahan Saus
– 1 1/2 siung bawang bombay, iris kasar
– 2 siung bawang putih, iris halus
– Saus tomat, secukupnya
– Mayonaise, 2 – 3 sdm
– Lada halus, 1/2 sdt
– Garam secukupnya
– 6 batang buncis dipotong kecil-kecil
– 3 buah wortel dipotong dadu kecil-kecil
– Mentega untuk menumis, secukupnya
– Air sedkit saja
(Buat sausnya kalau bisa agak banyak dan sesuaikan dengan ukuran loyang, biar makin mantaphh)

Bahan larutan susu
– Susu putih cair (UHT) instant atau susu bubuk yang dicairkan
– 2 butir telur
– Lada halus, sedikit saja

Directions:
1. Semir roti dengan mayonaise (bagian atas & bawah)
2. Buat saus dengan menumis semua bahan saus hingga matang
3. Buat larutan susu dengan mencampur telur dan susu hingga rata
4. Siapkan loyang/pinggan tahan panas, semir dasar loyang dengan mentega
5. Masukkan 1/2 bagian saus tomat ke loyang
6. Tata lembaran roti di atas saus
7. Tata lembaran keju Kraft Single di atas roti
8. Tata smoked beef di atas keju
9.. Masukkan 1/2 bagian sisa saus di atas smoked beef
10.Tata lembaran roti yang tersisa
11. Masukkan larutan susu secara merata
12. Bubuhkan tepung panir dan parutan keju mudah leleh sebagai penutup (topping)
13. Masukkan ke dalam oven (160 derajat) atau kukus, biarkan hingga matang (kurang lebih 35 menitan)
14. Selamat mencoba! Percaya deh, gampang banget and dijamin uenak!!

10 Desember 2009


gyaa.. angka 6-nya udah kroak ;p

Saat azan subuh berkumandang
Kumengendap-endap di ruang makan
Kusiapkan tart dan lukisan
Kemudian lilin kunyalakan

Saat bangun, ibuku kaget bukan kepalang
Ternyata ada kejutan di meja makan
“Tanggal berapa ini?” Ibuku heran kebingungan
Tentu saja tanggal sepuluh desember dua ribu sembilan

Sambil bernyanyi “Selamat Ulang Tahun”
Kukecup pipi kiri dan kanan
Lalu dengan takzim kucium tangan
“Terima kasih,” ujar ibu dengan air mata tertahan

Puding Karamel Kukus


Description:
Udah lama banget pengen bikin puding karamel, tapi karena gak punya pemanggang alias oven, makanya belom pernah bikin. Alhamdulillah dapet resep yang versi kukus dari FB-nya Mbak Neta. Meski belum dipraktekkin, semoga resep ini bermanfaat ;p *mengusap liur sambil menuju dapur*

Ingredients:
300 ml susu cair
30 gr gula pasir
2 butir telur
½ sdm essens vanili
40 gr gula pasir untuk saus karamel

Directions:
Saus caramel :
Gula pasir ditambah 1 sdm air matang, rebus dengan api kecil. Biarkan hingga berwarna kuning kecoklatan. Selagi panas segera tuangkan ke dalam cup/cangkir tahan panas. Biarkan hingga mengeras.

Pudding :
masak susu cair dan gula pasir hingga panas dan berasap (tidak perlu sampai mendidih). Kocok lepas telur dan campur dengan susu. Tuangkan ke dalam wadah yang sudah diberi saus caramel. Kukus selama kurang lebih 30 menit.

Disajikan dingin lebih enak. Aroma caramel bercampur dengan vanilla, hmmm… nikmaaaat… (yang ini kata Mbak Neta :))

Panekuk Stroberi


Description:
Gara-gara sekali nyobain bikin panekuk apel nanas dan berhasil, sekarang jadi ketagihan deh bikin panekuk dan sering berimprovisasi. Ini dia nih menu sarapan keluarga kami tadi pagi. Selamat mencoba!

Ingredients:
1 gelas tepung terigu
3/4 gelas susu cair atau susu bubuk yang dicairkan
2 butir telur
1 sendok makan margarin dicairkan
1 sendok teh gula
1/2 sendok teh garam
16 buah stroberi potong-potong pipih
gula halus secukupnya
susu kental manis rasa cokelat

Directions:
# Campur terigu dan susu, aduk rata
# Tambah kan 2 butir telur yang sudah dikocok, aduk rata
# Tambahkan mentega yang sudah dicairkan, aduk rata
# Tambahkan gula dan garam, aduk rata
# Masukkan potongan stroberi ke dalam adonan
# Panaskan wajan teflon ceper
# Tuang adonan ke atas wajan dengan api kecil
# Setelah bagian bawah adonan tidak lengket, balik adonan agar matang merata
# Supaya kenyang, sajikan 2 tumpuk, kemudian hiasi dengan buah stroberi utuh di atasnya dan taburi dengan gula halus serta hiasi dengan susu kental manis cokelat… Nyam!

Untuk 3 orang

Tumis Tahu Tauge


Description:
Ini dia niy resep favoritku sejak jaman masih jadi anak kos. Selain rasanya yang suegerr, bikinnya gampang banget, plus kaya akan vitamin K (K = kesuburan ^^…. toge gitu loh!).

Ingredients:
1 mangkuk tauge
2 buah tahu potong-potong dadu
3 buah cabai merah potong-potong menyerong
1 batang bawang daun cincang kasar
3 siung bawang putih potong-potong tipis
2 siung bawang merah potong-potong tipis
1/2 buah tomat potong-potong
merica bubuk secukupnya
garam secukupnya
1/4 sdt gula pasir (sebagai pengganti MSG, karena saya anti MSG^^)

Directions:
# Tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah sampai harum
# Masukkan potongan tahu. Tambahkan sedikit air agar tahu matang.
# Setelah air mendidih, bubuhi merica, garam, dan gula pasir, lalu aduk-aduk.
# Masukkan tauge, lalu masukkan potongan tomat dan daun bawang.
# Aduk hingga rata dan tauge cukup matang, tapi tidak terlalu layu.
# Resep favorit siap disajikan…hmmmm ^__^