Brownies Pandan Kukus

Gara-gara kemarin Mas Kai minta “roti ijo”, maka saya bikinlah resep ini. Mulai dari nyiapin bahan-bahan, doi terus bertanya, “Udah mateng belum?”
Maka tatkala “roti ijo” ini sudah matang, lahaplah ia menyantapnya.

image

Mas Kai makan "roti ijo"


Bahan:

1. Tepung Terigu protein sedang 60 gram.
2. Telur 3 butir. Ambil satu pcs
putih telur dan 3 bagian kuning
telur nya.
3. Emulsifer seperempat sendok teh.
4. Gula pasir 40 gram.
5. Susu bubuk putih 27 gram.
6. Vanili setengah sendok teh
7. Baking powder seperempat sendok teh.
8. Pasta Pandan seperempat sendok teh. Tapi saya menggunakan daun pandan dan daun suji asli. Caranya; 1 lembar daun pandan + 10 lembar daun suci + 20 ml diblender lalu disaring airnya.
9. Margarin 30 gram. Lelehkan.
10. Kertas roti untuk alas loyang.

Cara Membuat:
1. Masukkan 3
pcs kuning telur, 1 pcs putih telur, gula pasir dan seperempat cake
emulsifernya.
2. Kocok semua bahan diatas dengan mixer sampai semua bahan tercampur rata dan mengembang.
3. Ambil tempat lagi. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, baking powder, dan vanili. Aduk semua bahan sampai rata dan
ayak sampai halus.
4. Campurkan hasil ayakan bahan tsb ke dalam adonan utama. Mixer semua bahan sampai tercampur
sempurna.
5. Tuang margarin cair sedikit demi sedikit sambil terus dimixer sampai rata.
6. Masukkan pasta pandan atau air saringan daun pandan asli
7. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti.
8. Kukus selama 45 – 60 menit dengan api kecil.

Selamat mencoba!

Lumpia Basah Bandung

Gegara di grup almamater ngomongin lumpia basah Unpad, sebagai ibu menyusui yg selalu lapar, saya tetiba ngidam… Sementara di Jakarta susah bingit nyari tukang jualan lumpia macam ini. Jadilah saya inisiatif bikin sendiri. Meskipun rasanya gak semaknyuss lumpia basah Unpad Jatinangor, boleh lah mengobati rasa kangen 🙂 Berikut resepnya…

image

Lumpia basah bandung

Bahan:
10 lembar Kulit Lumpia (beli
dipasar/tukang sayur)
1/4 kg Tauge, dicuci bersih
2 butir telur ayam
Secukupnya Garam
secukupnya Minyak goreng

Bumbu :
6 siung bawang putih, diuleg halus
3 buah cabe rawit, dihaluskan

Saus Perekat Kulit Lumpia:
1/2 ons gula merah
125 ml air
1 sendok makan tepung kanji/sagu

Cara membuat saus perekat:
– Rebuslah gula merah dengan
sebagian air, lalu campurkan sisa air dengan tepung kanji, campur dengan air gula dan masak sampai kental

Bahan Isi:
1/2 kg bengkuang, diiris panjang
1/2 ons gula merah
100 ml air matang

Cara membuat isi:
– Rebuslah air dan gula merah,
kemudian saring dan masak kembali dengan bengkuang, masak sampai air habis dan bengkuang berubah coklat.

Cara Membuat Lumpia Basah Bandung:
– Tumislah bawang putih dan cabe rawit halus hingga harum
– Masukan telur ayam, aduk-aduk (orak arik).
– Masukan juga bengkuang yang
telah dimasak sebelumnya, aduk-aduk rata.
– Kemudian masukan tauge dan secukupnya garam, aduk-
aduk rata dan masak sampai toge
hampir layu.
– Matikan api kompor.
– Siapkan piring, ambil selembar kulit lumpia, olesi dengan saus perekat
– Tuang campuran tauge, telur dan bengkuang di atas kulit lumpia yg sudah diolesi saus perekat
– Lipat kulit lumpia membentuk seperti amplop
– Tata di piring/wadah lain
– Nikmati lumpia menggunakan sumpit (karena cara makannya, kulit lumpia beserta isinya dicubitin gitu loh :))

Wilujeng tuang…

Schootel Apel Oat Tabur Keju

Sebenarnya ini resep asli ngasal, tapi kok jadinya enak dan bikinnya gampang. Dan yang paling penting, Kai doyan 🙂

Image

Schootel apel oatmeal tabur keju

Bahan:

  • 1 buah apel
  • 5 sendok makan oatmeal
  • 200 ml susu cair (kalau ingin manis, tambahkan gula atau pilih susu cair cokelat/vanila)
  • 1 butir telur
  • kayu manis bubuk secukupnya (kalo gk ada ya gpp)
  • keju parut secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas apel dan potong kotak-kotak
  2. Tata apel potong di pinggan tahan panas
  3. Taburi apel dengan kayu manis bubuk secukupnya
  4. Taburi lagi apel dengan oatmeal
  5. Kocok telur
  6. Campur telur ke dalam susu cair manis, aduk rata
  7. Tuang campuran telur dan susu ke dalam pinggan
  8. Taburi keju parut
  9. Taburi kayu manis bubuk tipis-tipis sebagai pemanis
  10. Matangkan adonan, bisa dengan cara dipanggang, dikukus, atau di-obamarine (bener gk tulisannya)

Selamat mencoba 😉

Soto Betawi Idul Adha

Image

Soto Betawi ala Mbakje

Salah satu berkah Idul Adha kemarin adalah perdana membuat Soto Betawi sendiri dan alhamdulillah dipuji ibu dan suami yang ngefans soto betawi T_T (terharu)…. secara bikin soto betawi kan modalnya lumayan ya boo’, udah gitu kalo beli paling murah Rp 15 ribu tanpa nasi. Itu pun rasa gurihnya micin doang 😦

Anyway, ini dia resepnya!

Bahan

  • 500 gr daging & jeroan sapi
  • 200 ml susu sapi cair (UHT/pasturisasi)
  • 100 ml santan kental
  • 125 ml santan encer
  • 1/2 ruas jari jahe, dikeprek
  • 1/2 ruas jari laos, dikeprek
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang sereh dimemarkan
  • garam secukupnya

Bumbu halus

  • 1 sdt merica butir
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 buah kemiri
  • 1/2 buah pala
  • 1/2 sdt jintan
  • 4 siung bawang merah
  • 4 siuang bawang putih

Pelangkap

  • kecap manis
  • sambal
  • acar*
  • emping
  • bawang goreng**
  • daun bawang cincang
  • irisan tomat
  • kentang goreng potong dadu

Cara membuat

  1. Rebus daging dan jeroan sapi hingga mendidih dengan api kecil. Pastikan seluruh bagian terendam air
  2. Buang air pertama rebusan, karena mengandung kotoran dan darah
  3. Rebus kembali daging dan jeroan bersama laos dan jahe dengan api kecil hingga mendidih
  4. Tiriskan daging dan jeroan, lalu potong-potong. Air rebusan daging/jeroan digunakan sebagai kuah kaldu
  5. Goreng daging dan jeroan tadi ke dalam minyak panas, lalu tiriskan
  6. Tumis hingga wangi bahan-bahan bumbu halus, setelah itu haluskan
  7. Panaskan kembali kaldu
  8. Masukkan daging & jeroan yang sudah digoreng tadi, bumbu halus, daun salam, sereh, santan encer, susu cair, dan garam secukupnya
  9. Menjelang mendidih, masukkan santan kental dan aduk terus sampai mendidih, agar santan tidak pecah
  10. Setelah mendidih, kecilkan api, lalu biarkan sekitar 10 menit agar bumbu benar-benar meresap
  11. Sajikan dengan bahan-bahan pelengkap beserta nasi hangat 🙂

Beberapa tips:

*Acar: saya tidak pernah membuat acar menggunakan cuka. Supaya alami, cuka saya ganti dengan perasan jeruk nipis

**Bawang goreng: tips membuat bawang goreng agar tidak gosong dan cantik warnanya, taburi terlebih dulu wajan dengan sejumput garam, fungsinya untuk menyerap air